Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rusia Peringatkan AS Jangan Campuri Masalah Suriah

Kementerian Luar Negeri Rusia, Ahad (25/8) waktu setempat, mendesak semua kekuatan asing yang terlibat dalam krisis Suriah agar menahan diri. Rusia juga menyerukan semua pihak menghentikan potensi campur tangan bersenjata.

"Perhatian serius telah diberikan di Moskow terhadap satu pernyataan oleh Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel, mengenai berbagai tindakan yang diperintahkan oleh Presiden Barack Obama untuk menyiapkan Angkatan Bersenjata Amerika bagi campur tangan bersenjata terhadap Suriah setiap waktu," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Luskshevich, dalam satu pernyataannya.

Pendekatan serupa juga telah didengar dari Prancis, London dan beberapa negara lain.

''Pendekatan itu disuarakan tanpa peduli pada banyaknya tindakan yang menyatakan bahwa dugaan penggunaan senjata kimia oleh Angkatan Bersenjata Suriah di Ghouta Timur pada 21 Agustus adalah provokasi di pihak oposisi", katanya.

Oposisi Suriah menyatakan pasukan Presiden Bashar Al Assad menewaskan sebanyak 1.300 orang dalam serangan senjata kimia di pinggiran Damaskus, Ibu Kota Suriah, pada Rabu (21/8). Tuduhan yang dibantah oleh Pemerintah Suriah.

''Moskow percaya kehebohan saat ini mengenai penggunaan senjata kimia dengan jelas bertujuan mencampuri pekerjaan para ahli senjata kimia PBB yang telah dimulai secara gemilang,'' sebut laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Senin.

Diplomat itu juga mengatakan ada kenangan peristiwa 10 tahun lalu saat penggunaan informasi palsu bahwa Irak memiliki senjata pemusnah massal sebagai satu dalih dan melangkahi PBB, Amerika Serikat melancarkan tindakan sembrono dengan konsekuensi yang diketahui setiap orang.

Ia memperingatkan aksi bersenjata sepihak yang melangkahi PBB akan merusak upaya internasional untuk menemukan penyelesaian politik dan diplomatik bagi konflik Suriah. Langkah itu memiliki dampak yang sangat menghancurkan pada apa yang sudah menjadi situasi yang meledak di Timur Tengah. [republika.co.id]

Posting Komentar untuk "Rusia Peringatkan AS Jangan Campuri Masalah Suriah"

close