Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amerika Serikat Sadap Indonesia, Aksi Protes HTI Bukan Omong Kosong

SEPERTI dilansir Sydney Morning Herald, Senin (29/10), Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Indonesia, disebut sebagai salah satu dari 90 pos yang memiliki fasilitas penyadapan intelijen AS di seluruh dunia.

Dalam pemberitaannya, koran terkemuka di Australia tersebut menampilkan sebuah peta yang mendaftar 90 fasilitas pemantauan elektronik (electronic surveillance facility). Salah satu kota yang menjadi lokasi Kedubes AS dalam peta tertanggal 13 Agustus 2010 itu adalah Jakarta. Peta serupa juga dipublikasikan oleh majalah terkemuka di Jerman, Der Spiegel. Menanggapi pemberitaan ini, Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa mengatakan akan memanggil Kuasa Usaha AS untuk Indonesia, Kristen Bauer.

“Informasi bahwa gedung Kedubes Amerika Serikat di Jakarta memiliki fasilitas penyadapan menunjukkan bahwa protes Hizbut Tahrir selama ini bukanlah omong kosong. Bahwa benar, gedung Kedubes AS di Jakarta merupakan markas intelijen,” kata Jubir HTI, Ismail Yusanto dalam keterangan persnya, Jum’at (1/11).

Meskipun baru dugaan, namun sumber informasi mengenai hal itu sangatlah akurat. Ditambah adanya fakta penyadapan yang dilakukan AS terhadap negara-negara lain seperti Jerman dan Prancis, sebagaimana diberitakan oleh majalah Der Spiegel yang menyebut Amerika Serikat memata-matai Kanselir Jerman itu sejak 2002.

Operasi yang sama juga dilakukan pada 80 lokasi lain di seluruh dunia. Menteri Dalam Negeri Jerman mengatakan operasi seperti itu merupakan tindakan ilegal. Selain menyadap ponsel Merkel, Badan Keamanan Nasional Amerika, NSA, juga memonitor jutaan telepon yang dilakukan warga Jerman dan Prancis. Der Spiegel mengklaim telah melihat dokumen rahasia dari NSA yang menunjukkan ponsel Merkel disadap sejak tahun 2002, tiga tahun sebelum dia menjadi kanselir.

“Gedung Putih sendiri tidak menyangkal secara tegas praktek penyadapan ini, ini membuktikan dugaan praktik ini sangat kuat,” lanjut Ismail. [Pz/Islampos/VisiMuslim.Com]

Posting Komentar untuk "Amerika Serikat Sadap Indonesia, Aksi Protes HTI Bukan Omong Kosong"

close