Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Al-Zahrawi, Pelopor Ahli Bedah Modern Yang Terlupakan Sejarah

Abu al-Qasim al-Zahrawi
Banyak sumber menyebutkan bahwa periode sejarah Muslim Spanyol (juga dikenal sebagai al-Andalus) adalah periode emas peradaban Islam. Selain karena keharmonisan antar sesama masyarakatnya, kemajuan sains dan teknologinya, kesejahteraan rakyatnya, juga karena ditopang oleh stabilitas dalam negeri yang menjamin keamanan setiap warga negaranya. 

Salah satu tokoh besar Muslim Spanyol adalah Abu al-Qasim al-Zahrawi, seorang ahli bedah pada abad pertengahan di masa kejayaan Islam. Dia merevolusi cara pembedahan yang dilakukan dengan menciptakan metode baru dan alat untuk membantu menyembuhkan pasien. Al-Zahrawi menulis sebuah buku tentang kedokteran yang terdiri dari tiga puluh bagian. Bukunya banyak digunakan sebagai standar referensi  untuk kedokteran di seluruh Eropa selama berabad-abad. Dampak dari kiprahnya tentang bagaimana ilmu kedkteran diaplikasikan, benar-benar sangat revolusioner dan berpengaruh hingga saat ini.

Latar Belakang 

Al-Zahrawi hidup selama periode yang paling berpengaruh di masa Kekhalifahan Umayyah di Cordoba. Dia lahir di 936 dan meninggal pada 1013, dan menjabat di masa ke-khalifahan bani Umayyah, al-Hakam II dan menjadi penguasa militer di masa ke-khalifahan bani Abbasiyah, al-Mansur. Sepanjang hidupnya, al-Zahrawi adalah seorang dokter yang mengabdi untuk kekhilafahan di Andalusia. Ia menjabat dalam kapasitasnya seperti itu sebagai dokter selama lebih dari 50 tahun.

Tidak seperti kebanyakan dokter dan rumah sakit di era "modern" seperti saat ini, al-Zahrawi sangat peka dalam merawat pasien tanpa memandang status ekonomi mereka. Dengan melihat berbagai kondisi pasien setiap hari dan merekam perlakuannya terhadap mereka, ia meninggalkan sebuah warisan yang sangat berharga dari pengetahuan medis yang ia sebut al-Tasrif.

Al-Tasrif

Al-Tasrif adalah buku (Ensiklopedia) tentang ilmu kedokteran yang dibagi menjadi 30 bagian. Masing-masing terdiri dari beberapa bagian yang berbeda dari berbagai aspek ilmu kedokteran. Dia membahas bagaimana mendiagnosa suatu penyakit di salah satu bagian awal dari bukunya. Dia mencatat bahwa dokter yang baik harus selalu bergantung pada pengamatan sendiri kepada pasien dan melihat gejalanya bukan hanya menerima apa yang dikatakan pasien - praktek seperti ini masih digunakan oleh dokter saat ini.

Salah Satu halaman dari kitab At-Tasrif karya Al-Zahrawi



Al-Zahrawi mengambil pendekatan holistik untuk setiap pengobatannya. Tidak hanya dia membahas bagaimana mengobati penyakit, ia juga menjelaskan bagaimana mencegah pasien dari penyakit. Dia mendedikasikan sebagian dari isi bukunya untuk membahas makanan apa yang harus dihindari, bagaimana mempertahankan pola makan yang sehat, dan bagaimana menggunakan makanan sebagai bagian dari rencana perawatan. Salah satu contoh, dia mencatat efek alkohol pada tubuh. Dia menyatakan:

"[Alkohol menyebabkan] kelemahan umum dari sebagian besar saraf tubuh, kesulitan dalam artikulasi, kelemahan gerakan, arthralgia, asam urat, dll. gangguan hati yang menyebabkan tumor dan kesulitan buang air besar yang merupakan penyebab pasti ascites serta penyebab kesehatan yang buruk secara umum "1

Ilmu Bedah

Bagian yang paling berpengaruh dari al-Tasrif adalah bagian yang ke-30, yang didedikasikan untuk persoalan ilmu bedah. Di dalamnya, ia menjelaskan secara rinci bagaimana untuk melakukan operasi tertentu untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Dia menegaskan di dalamnya bahwa semua ahli bedah pertama harus sangat fasih dalam kedokteran umum, anatomi, dan bahkan tulisan-tulisan ahli yang belajar ilmu kedokteran.

Gambar sebuah Inhaler awal yang ditemukan oleh al-Zahrawi. Di bagian atas adalah keterangan berbahasa Arab asli sedangkan terjemahan Latinnya ada di bagian bawah.
Al-Zahrawi memelopori banyak prosedur dan bahkan masih digunakan di ruang operasi saat ini. Dia adalah orang pertama yang menggunakan catgut sebagai benang untuk jahitan dalam. Catgut adalah benang yang terbuat dari lapisan usus hewan. Ini adalah satu-satunya bahan yang dapat digunakan untuk jahitan dan masih bisa diserap oleh tubuh, serta mampu mencegah kebutuhan operasi kedua untuk menghilangkan jahitan dalam. Ia menemukan banyak alat yang diperlukan untuk operasi modern. Dia adalah orang pertama yang menggunakan foreceps saat melahirkan, sangat mengurangi angka kematian bayi dan ibu. Dia melakukan tonsilektomi dengan lidah yang sama depressors, kait, dan gunting yang digunakan saat ini. Dia menggunakan pisau tersembunyi untuk memotong ke pasien tanpa membuat mereka khawatir. Dia menggunakan kedua anestesi, local dan oral untuk mengurangi rasa sakit yang dialami pasien selama operasi. Dia melakukan mastektomi menghapus payudara wanita jika dia memiliki kanker payudara, prosedur masih dilakukan hari ini. Dia menggambarkan cara mengatur patah tulang, mengamputasi anggota badan, dan bahkan bagaimana untuk menghancurkan batu kandung kemih. Untuk menggambarkan semuanya tentang dia pada "pengalaman pertama" nya dalam dunia kedokteran, butuh satu buku tersendiri untuk membahasnya.

Meskipun pengetahuannya yang luas dan kemampuannya yang mumpuni, dia selalu menolak untuk melakukan operasi berisiko atau tidak diketahuinya yang akan mengakibatkan stres fisik dan emosional bagi pasien. Dia percaya akan pentingnya kehidupan manusia dan berusaha untuk memperpanjang selama mungkin. Sikap tersebut yang seharunya menjadi contoh bagi dokter-dokter masa kini.

Warisan

Al-Tasrif telah membuat jalan dari al-Andalus ke seluruh dunia Muslim dan Kristen. Selama berabad-abad, itu diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa Eropa Latin dan lainnya. Dengan demikian, banyak prosedur yang ia rintis diberi nama yang tidak menunjukkan bahwa hal tersebut bersal dari dia. Misalnya, "Posisi Walcher" untuk melahirkan dan "Metode Kocher" untuk memperbaiki bahu yang dislokasi. Semua itu diciptakan oleh al-Zahrawi tapi saat ini justru diklaim oleh dokter-dokter eropa.    

Terlepas dari klaim hak cipta, kontribusi al-Zahrawi untuk dunia kedokteran dan terutama untuk ilmu bedah  sangat revolusioner pada zamannya dan hingga sekarang masih sangat berpengaruh. Tanpa prosedur dan alat-alat yang ia rintis, operasi (bedah) hari ini mungkin masih menjadi permainan yang mengerikan. Kemampuan dan prosedur perekamannya yang konsisten hingga ia mampu membantu memajukan dunia kedokteran selama berabad-abad, dan kita masih berhutang kepada kejeniusannya. (LIH) [Abu Fauzan/www.visimuslim.com]

Footnotes:
1 - Awadain, M. Reda. “A Recent Look and Study of Some Papers of al-Zahrawi’s Book “al-Tasrif”.” IslamSet. N.p.. Web. 16 Dec 2012.
Bibliography:

al-Hassani, Salim. 1001 Inventions: The Enduring Legacy of Muslim Civilization. Washington D.C. : National Geographic Society, 2012. Print.

Awadain, M. Reda. “A Recent Look and Study of Some Papers of al-Zahrawi’s Book “al-Tasrif”.” IslamSet. N.p.. Web. 16 Dec 2012.

Morgan, M. (2007). Lost History. Washington D.C. : National Geographic Society.

 

Posting Komentar untuk "Al-Zahrawi, Pelopor Ahli Bedah Modern Yang Terlupakan Sejarah"

close