Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Profil Pembicara JICMI 2013: Jamal D. Harwood

Jamal Harwood Pembicara JICMI 2013
Jamal D. Harwood adalah Analis Ekonomi yang memiliki pengalaman selama 25 tahun bekerja di sektor keuangan (JP Morgan dan Credit Suisse) dan sebagai konsultan manajemen. Saat ini beliau mengajar mengenai Keuangan (program MBA) di University of Wales, Inggris.

Beliau telah banyak berbicara mengenai isu-isu ekonomi, hubungan internasional, politik dan Islam. Beliau pernah menjadi pembicara di Oxford Union pada tahun 2007 dan konferensi tentang krisis keuangan internasional di Khartoum, Sudan pada tahun 2009 dan di Beirut, Lebanon pada akhir tahun yang sama.

Beliau telah terlibat dalam diskusi publik dan dialog dengan mantan Kanselir Norman Lamont, Jaksa Agung Inggris Dominic Greive MP, Jim O’Neill (Direktur Goldman Sachs Asset Management), Peter Rodman (mantan Asisten Menteri Pertahanan Inggris), Matt Frei (sebelumnya bekerja di BBC dan saat ini bekerja di Channel 4 News), David Smith (Editor Ekonomi dari The Sunday Times) dan kolumnis AS Jonah Goldberg.

Tulisan beliau telah dimuat di majalah Time dan sering menjadi komentator mengenai krisis keuangan global di berbagai media Inggris. Beliau juga sering berbicara mengenai harga minyak dan masalah energi serta tampil dalam acara tetap di Islam Channel dan Press TV Inggris.

Jamal Harwood, sebelum masuk Islam, ia seorang pemeluk Kristen yang taat hingga akhirnya Allah Swt memberikan hidayah kepadanya hingga memeluk Islam. Kini selain sebagai analisis ekonomi di UK, ia juga menjadi bagian dari pejuang Khilafah.

"Alhamdullillah, saya pertama kali bertemu beberapa anggota HT tahun 1988. Saya prihatin dengan banyaknya ketidakadilan dan kemunduran yang saya lihat di dunia Muslim. Betapa pentingnya gagasan ummah, tapi banyak yang memiliki sedikit pemahaman politik mengenai sebab-sebab kemunduran itu, disamping tidak memiliki solusi untuk mengatasi kemunduran itu. HT berbicara mengenai isu-isu itu dan memberikan solusi-solusi yang jelas," terangnya dalam suatu kesempatan.

Jamal Harwood menyampaikan presentasinya berjudul "The Collapse of Global Capitalism: What Can We Learn from the Global Financial Crisis?". Ia berulang kali mengajak para intelektual Muslim yang hadir untuk bekerja menegakkan Khilafah sebagai pengganti kapitalisme yang kian hancur.

"Hari ini saya ingin menyegarkan pikiran kita ttg apa yg terjadi dlm 10 th terakhir yg mengarah ke krisis ekonomi ini. Hari ini saya ingin menyegarkan pikiran kita tentang apa yang terjadi dalam 10 tahun terakhir yangg mengarah ke krisis ekonomi ini," ujarnya di hadapan ribuan para intelektual di Jakarta. 

Ia mengajak para intelektual untuk bekerja demi sebuah perubahan ini. "We need you to work for this change. Work with us," tegasnya lagi. 

Jakarta International Conference of Muslim Intellectuals (JICMI) digelar di Convention Hall of SMESCO UKM, Jakarta, Ahad, 15 Desember 2013. Acara yang digagas oleh Hizbut Tahrir Indonesia ini dihadiri sekitar 2000 intelektual Muslim dari berbagai nusantara, termasuk para partisipan dari luar negeri. [m/htiinfokom/visimuslim.com]

Posting Komentar untuk "Inilah Profil Pembicara JICMI 2013: Jamal D. Harwood "

close