Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lewati Jalur Texas di Makassar, SBY Dikawal 13.000 Pasukan

Ilustrasi Pengawalan Presiden (Sumber:Istimewa)
Rute perjalanan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama rombongan, selama berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bakal dijaga ketat aparat kepolisian. Sejumlah petugas kini sudah disiagakan menyambut orang nomor satu di Indonesia itu.

"Beberapa titik daerah texas akan ditingkatkan pengamanannya. Dan kita juga tidak akan menganggu aktivitas warga. Sekitar 6.000 petugas kepolisian akan disiagakan," ujar Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Burhanuddin Andi, Senin (17/2/2014).

Hal senada diungkapkan Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar. Menurutnya, kedatangan Presiden SBY merupakan harga mati dan tidak ada yang bisa membatalkannya.

Sebanyak 7.000 pasukan yang terdiri dari Kopassus, Kostrad, AU, dan AL, sudah disiagakan untuk melakukan pengamanan. Sisanya terdiri dari unsur pemerintah, seperti Satpol PP, petugas layanan kesehatan, dan PLN.

"Pengamanan tidak ada kata ulang sesuai dengan jadwal dan kita akan fokus," tegasnya.

Terkait dengan ancaman separatis dari berbagai kelompok yang menolak kedatangan SBY, Bachtiar berjanji, tidak akan ada gesekan fatal. Karena Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo telah menyampaikan jika orang Sulsel memiliki budaya tinggi seperti Bugis Mandar, Bugis Makassar, dan Toraja.

"Kami lakukan pengamanan sesuai protap, jika ada demo anarkis, itu kewenangan kepolisian," ujar Bachtiar usai gelar upacara pasukan pengamanan Presiden, di lapangan Karebosi. [sindonews/visimuslim.com]

Posting Komentar untuk "Lewati Jalur Texas di Makassar, SBY Dikawal 13.000 Pasukan"

close