Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agresi Israel ke Gaza Dalam Angka

Agresi Israel ke Jalur Gaza selama 51 hari telah merusak seluruh aspek kehidupan di sana, dan mengubah semua simbol-simbol kehidupan, sehingga menjadikan pendudukanya hidup tanpa tempat tinggal, serta menyisakan ribuan syuhada’ dan korban terluka.

Berikut ini adalah hasil dari agresi dalam angka:
  • Jumlah syuhada sebanyak 2.139 orang, di antaranya 579 anak-anak, 263 wanita dan 102 orang tua. Sementara jumlah korban terluka sebanyak 11.128 orang, di antaranya 3.374 anak-anak, 2.088 wanita dan 410 orang tua. Sebagian besar mereka yang syahid tinggal di Khan Younis, di wilayah selatan Jalur Gaza.
  • Pendudukan Israel melakukan pembantaian sebanyak 49 kali terhadap keluarga Palestina, sehingga 530 orang syahid. 
  • Pendudukan Israel telah menghancurkan 2.358 rumah hingga rata dengan tanah, dan 13.644 rumah rusak beberapa bagian, namun demikian rumah-rumah tersebut tidak layak lagi untuk dihuni; menghancurkan 60 masjid hingga rata dengan tanah, dan 109 rusak beberapa bagian; juga menghancurkan dua menara apartemen dan satu menara komersial. 
  • Jumlah pengungsi sesaat sebelum pengumuman gencatan senjata jumlahnya sebanyak 466.000 warga di seluruh Jalur Gaza, yang tersebar di berbagai sekolah, dan sejumlah rumah yang dapat menampung beberapa keluarga.
    Palestina Under Attack
  • Perkiraan awal kerugian ekonomi mencapai lebih dari 3,5 miliar dolar, dimana 134 pabrik hancur rata dengan tanah, sehingga 30.000 pekerja terpaksa dirumahkan.
  • Sementara di pihak Israel 70 tewas, di antaranya 67 tentara dan 3 warga pemukiman, seperti yang dilaporkan oleh berbagai media Israel setelah pengumuman gencatan senjata pada Selasa malam.
  • Nilai mata uang Israel, shekel anjlok terhadap mata uang internasional, terutama dolar, yang naik terhadap nilai tukar shekel selama hari-hari perang, dan turunnya nilai shekel di pasar secara riil mengamcam musim wisata dan perekonomian Israel.
  • Sejak dimulai operasi pada tanggal 8 Juli 2014, Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) telah menembakkan 4.564 roket ke arah pemukiman dan kota-kota Israel. Sementara tentara Israel menyerang sebanyak 5.263 target di Jalur Gaza, yang sebagian besar menimpa rumah-rumah penduduk sipil. [aljazeera.net, 28/8/2014]

Posting Komentar untuk "Agresi Israel ke Gaza Dalam Angka"

close