Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Doa Rasulullah Untuk Penguasa yang Dzalim Kepada Rakyat

Hadits: Do'a Rasulullah -shallallaahu 'alayhi wa sallam- Untuk Penguasa yang Menzhalimi Rakyatnya
Kepada penguasa yang menyusahkan rakyatnya, menzhalimi mereka... Rasulullah -shallallaahu 'alayhi wa sallam- secara khusus mendoakan mereka:

« اللَّهُمَّ مَن ْوَلِيَ مِنْ أَمْرِأُمَّتِي شَيْئًا فَشَقَّ عَلَيْهِمْ فَاشْقُقْ عَلَيْهِ وَمَنْ وَلِيَ مِن أَمْرِأُمَّتِي شَيْئًا فَرَفَقَ بِهِم ْفَارْفُقْ بِهِ »

"Ya Allah, barang siapa memiliki hak mengatur suatu urusan umatku, lalu ia memberatkan/menyusahkan mereka, maka beratkan/susahkan dia; dan barang siapa memiliki hak mengatur suatu urusan umatku, lalu ia memperhatikan urusan mereka dengan baik, maka perlakukanlah dia dengan baik." (HR. Muslim (1828) & Ahmad)
Hadits ini shahiih, dan do'a Rasulullaah -shallallaahu 'alayhi wa sallam- termasuk do'a mustajab....
Ilustrasi Doa
Keterangan Hadits:
Imam Muslim meriwayatkan hadits ini dalam Shahih-nya; Kitab (الإمارة), Bab. (فضيلة الأمير العادل وعقوبة الجائر والحث على الرفق).
Al-Hafizh an-Nawawi pun mengetengahkan hadits riwayat Imam Muslim ini dalam Riyaadh ash-Shaalihiin, Bab. (أمر وُلاة الأمور بالرفق برعاياهم ونصيحتهم), No. 655, Hlm. 202.

Penjelasan Singkat:
Al-Hafizh an-Nawawi menjelaskan dalam Syarh Shahiih Muslim: "Hadits ini termasuk sejelas-jelasnya larangan menyusahkan manusia dan seagung-agungnya anjuran untuk memerhatikan mereka dan sungguh telah ada hadits-hadits dengan makna seperti ini." [1]
Menurut Dr. Mushthafa al-Bugha', kalimat (شق عليهم) artinya menyempitkan, dan menyusahkan mereka (rakyat) tanpa haq (bathil). [2] Hadits ini pun mengandung faidah bahwa ganjaran itu sesuai dengan amal perbuatannya, jika penguasa menyusahkan umatnya dan menyempitkan urusan mereka (menzhalimi) maka Allah akan mengganjar mereka dengan kesulitan di dunia dengan banyaknya musuh dan lainnya berupa beragam adzab. [3]
Di sisi lain, menunjukkan besarnya perhatian Rasulullaah -shallallaahu 'alayhi wa sallam- atas urusan umatnya. [4]
_________
Catatan Kaki:
[1] Syarh Shahiih Muslim, al-Hafizh Abu Zakariya bin Syarf an-Nawawi, Juz. XII/ Hlm. 213.
[2] Nuzhat al-Muttaqiin Syarh Riyaadh ash-Shaalihiin, Dr. Mushthafa al-Bugha' (dkk), hlm. 544.
[3] Ibid.
[4] Ibid.

Posting Komentar untuk "Ini Doa Rasulullah Untuk Penguasa yang Dzalim Kepada Rakyat"

close