Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senjata Inggris Terus Dikirim ke Israel Meskipun Dilakukan Gencatan Senjata

Anti Arm Demonstrate British and Israel Selling Arm
Pemerintah Inggris tidak akan memblokir perusahaan-perusahaan yang mengekspor senjata ke Israel, meskipun ada peringatan sebelumnya bahwa lisensi senjata akan dicabut jika pertempuran di Timur Tengah itu berlangsung terus.
Meskipun terjadi gencatan senjata antara Israel dan Hamas yang gagal hari Selasa, juru bicara pemerintah mengatakan pemberian lisensi belum akan ditangguhkan.
“Kami katakan akan menangguhkan lisensi jika kembali terjadi pertempuran yang signifikan, “kata seorang juru bicara pemerintah.
Pabrik-pabrik senjata Inggris mengambil ‘keuntungan’ dari pertumpahan berdarah di Palestina.
“Kami terus memantau situasi – penilaian kami sejauh ini dimulainya kembali permusuhan masih terbatas.”
Awal bulan ini, dua belas lisensi perusahaan-perusahaan Inggris yang menjual senjata ke Israel diancam  ditangguhkan jika permusuhan terus berlanjut di wilayah tersebut kata Menteri Perdagangan Vince Cable.
“Mengingat ketidakpastian bahwa kita telah mengambil keputusan untuk menangguhkan izin ekspor ini jika terjadi kembali permusuhan yang signifikan, “katanya.
“Tidak ada izin baru untuk peralatan militer yang telah dikeluarkan untuk gunakan oleh Angkatan Bersenjata Israel selama masa peninjauan dan sebagai langkah pencegahan pendekatan ini akan berlanjut hingga  permusuhan berhenti, “tambah Cable.
Cable membuat pernyataan itu setelah pengumuman gencatan senjata di Gaza pekan lalu, dan menyatakan harapan bahwa situasi itu dapat menyebabkan penyelesaian damai. Namun, gencatan senjata kemudian rusak pada Selasa malam saat negosiator Israel mundur dari pembicaraan damai yang berlangsung di Kairo.
Israel menuduh badan pemerintah Gaza, Hamas, melanggar pengaturan gencatan senjata berturut-turut dengan menembakkan roket ke Israel, dan Israel telah merespon dengan terus melancarkan serangan udara di wilayah Palestina.
Lebih dari 25 serangan udara menghantam Gaza setelah berakhirnya gencatan senjata, yang menewaskan seorang wanita, seorang gadis berusia dua tahun, dan melukai lebih dari 15 warga Palestina lainnya.
Sejak 2010, pemerintah Inggris memberi izin senilai 42 juta pound dalam bentuk lisensi militer untuk Israel, termasuk sistem dan komponen pesawat tak berawak.
Transaksi senjata yang menguntungkan Israel telah mendorong gugatan terhadap pemerintah Inggris oleh  Campaign Against Arms Trade (CAAT), yang bermarkas di Inggris yang diwakili oleh firma hukum Inggris, Leigh Day.
“Jika senjata dari Inggris digunakan untuk melakukan kejahatan terhadap hukum kemanusiaan, dan hukum hak asasi manusia, maka izin ekspor untuk materi ini harus dicabut segera, ” kata Rosa Curling, dari tim hak asasi manusia di Leigh Day.
Curling memperingatkan jika pemerintah gagal bertindak, kebijakan pemerintah saat ini akan melanggar hukum dan “rentan” untuk mendapat tuntutan hukum. (Russia Today, 20/8/2014)

Posting Komentar untuk "Senjata Inggris Terus Dikirim ke Israel Meskipun Dilakukan Gencatan Senjata"

close