Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Strategi Kenaikan Harga BBM yang Dirumuskan Oleh TIM Transisi Jokowi-JK

Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-JK ternyata masih ngotot saja mau menaikkan harga BBM. Berbagai macam cara dan strategi ditempuh untuk mengakali kenaikan harga BBM agar tidak terkesan begitu mencolok. 

Seperti yang dilansir dari Liputan6 (24/9) Anggota Kelompok Kerja Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tim Transisi Jokowi-JK Arif Budimanta mengatakan, saat ini tim transisi masih melakukan simulasi model pengalihan subsidi BBM untuk mengetahui besaran kenaikan dan model kenaikannya.

ilustrasi (foto : liputan6)
"Persoalan pengalihan subsidi khususnya BBM sampai saat ini memang kita masih lakukan simulasi, karena dampak proses pengalihan harus dilakukan persis berapa kenaikan harga dipilih," kata Arif, di rumah Cemara, Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Arif menyebutkan dua model kenaikan harga BBM yang saat ini sedang disimulasikan, yaitu dengan subsidi tetap dan kenaikan harga secara bertahap.

"Model subsidi tetap atau kenaikan gradual rendah menimbulkan dampak inflasi rendah pula," tuturnya.

Subsidi tersebut dipatok dengan angka tertentu sehingga harga BBM bersubsidi akan berubah-ubah, jika ada perubahan kurs dan kenaikan harga minyak. Sedangkan kenaikan bertahap diharapkan agar dampak terhadap inflasinya terbilang kecil sehingga dapat menghindari peningkatan kemiskinan.

"Karena ini terkait setiap kenaikan inflasi kemiskinan akan timbul," pungkasnya. [liputan6/visimuslim.com] 

Posting Komentar untuk "Begini Strategi Kenaikan Harga BBM yang Dirumuskan Oleh TIM Transisi Jokowi-JK"

close