Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ICMS 2014 Sulselbar: Upaya Mewujudkan Ekonomi Menyejahterakan dengan Khilafah

Orasi Irwin Arzyil Perwakilan UNM
Acara Indonesia Congress of Muslim Students diisi oleh orasi politik perwakilan mahasiswa dari berbagai kampus daerah Makassar. Mewakili kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) Irwin Arzyl tampil membawakan orasi politik “Khilafah wujudkan sistem ekonomi menyejahterakan rakyat, tinggalkan sistem ekonomi liberal yang menyengsarakan rakyat”.

Dalam orasinya Arzyl menyampaikan bahwa negara bukanlah milik segelintiran elit yang bebas menyedot keuntungan pribadi dan golongan. Model negara seperti ini hanya akan menjadi milik elit pemerintah elit yang memiliki modal besar. Rakyat hanya menjadi tambang eksploitasi bagi elit kapital yang mendewakan materi. Eksistensi kolonialisme tidak pernah hilang karena Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Bentuk eksistensi itu berwujud dalam perusahaan multinasional (MNC) menguasai sektor vital dan hajat hidup orang banyak.

Selain itu, Arzyl pun menyampaikan mengenai bagaimana Islam memberikan kesejahteraan dalam ekonomi Islam. Islam memandang bahwa setiap orang wajib dipenuhi kebutuhan pokoknya dan diberi kesempatan memenuhi kebutuhan sekundernya. Dalam pemenuhan kebutuhan itu tidak akan dibedakan antara warga muslim dan warga non muslim, semua mendapat hak yang sama. Ekonomi yang menyejahterakan akan hadir dalam negara yang menerapkan Islam secara total termasuk dalam ekonomi Islam. Negara yang menerapkan ekonomi Islam berwujud dalam Khilafah Islamiyah.[roy/visimuslim.com]

Posting Komentar untuk "ICMS 2014 Sulselbar: Upaya Mewujudkan Ekonomi Menyejahterakan dengan Khilafah"

close