Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PBB: Ada 13,6 Juta Pengungsi Akibat Perang di Irak dan Suriah

Sebanyak 13,6 juta orang – setara dengan penduduk London – telah mengungsi akibat konflik di Suriah dan Irak. Dan banyak dari mereka tanpa makanan atau tempat berlindung pada saat musim dingin dimulai, badan pengungsi PBB UNHCR mengatakan pada hari Selasa kemarin (11/11/2014).

Amin Awad, direktur UNHCR untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, mengatakan dunia saat ini mennjadi mati rasa dengan kebutuhan para pengungsi.

Ilustrasi Pengungsi Irak dan Suriah
“Sekarang ketika kita berbicara tentang satu juta orang yang mengungsi selama dua bulan atau 500.000 semalam, dunia tidak meresponsnya,” katanya kepada wartawan di Jenewa.

Sebanyak 13,6 juta orang termasuk 7,2 juta pengungsi di dalam Suriah – meningkat dari perkiraan PBB lama yang sebelumnya 6,5 juta – serta 3,3 juta pengungsi Suriah di luar negeri.

Di Irak, 1,9 juta telah terlantar pada tahun ini akibat pertempuran antar suku dan kemajuan kelompok Negara Islam, sehingga menambah 1 juta pengungsi sebelumnya dan 190.000 warga telah meninggalkan negara itu untuk mencari keselamatan.

Sebagian besar pengungsi Suriah pergi ke Lebanon, Yordania, Irak atau Turki.

“Negara-negara lain di dunia, terutama Eropa dan di luar, harus membuka perbatasan mereka dan berbagi beban dalam menangani para pengungsi tersebut.” [fq/islampos/worldbulletin/vm.com]

Posting Komentar untuk "PBB: Ada 13,6 Juta Pengungsi Akibat Perang di Irak dan Suriah"

close