Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemimpin Arab Sepakat Bentuk Kekuatan Koalisi Arab


Menteri luar negeri Arab sepakat membentuk kekuatan koalisi dan pasukan reaksi cepat persatuan Arab, kata pemimpin Liga Arab Nabil Al-Arabi.

Keputusan ini memrupakan hasil akhir dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  Liga Arab yang ke-26, yang diselenggarakan selama dua hari di kota Sharm El Sheikh, Mesir hari Ahad (29/03/2105).

“Ini adalah kemajuan sangat besar dan langkah  bersejarah dalam hal kegiatan gabungan Arab bahwa pasukan persatuan Arab akan dibentuk untuk pertama kali dan beroperasi atas nama negara Arab,” kata Al-Arabi dalam taklimat bersama Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shukry sebagaimana dikutip Xinhua.

KTT Liga Arab yang ke-26 juga menyimpulkan,  para pemimpin Arab telah menyetujui proposal untuk membentuk kekuatan koalisi Arab guna menghadapi tantangan dan menjaga keamanan nasional Arab.

Nabil al-Arabi mengatakan mereka mengajak milisi pemberontak Syiah Al Hautsi (Syiah Al Houthi) yang telah menguasai sebagian besar dari Yaman untuk berhenti merebut kekuasan yang sah dan menyerahkan senjata mereka.

Dia juga mengatakan, operasi militer Ashifaul Hazm (Badai Penghancur) akan terus berlanjut sampai pemberontak Al Hautsi memundurkan diri.

Nabil juga mengajak semua lembaga-lembaga Islam untuk menghadapi terosrisme dan menyingkirkan Timur Tengah dari senjata pemusnah massal.

Sementara itu, Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi yang menutup acara KTT mengatakan deklarasi Sharm Al Sheikh mengikuti pembentukan kekuatan militer koalisi Arab mengacu pada pembentukan tim tingkat tinggi dari para kepala staf angkatan bersenjata di negara-negara Arab untuk membahas permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan pembentukan kekuatan itu.

Dia menjelaskan bahwa tujuan dari pembentukan kekuatan koalisi arab tersebut adalah untuk menjaga keamanan nasional Arab dan menghadapi tantantangan yang ditujukan kepada bangsa Arab. [www.visimuslim.com]

Sumber : Hidayatullah.com, 30/03/2015

Posting Komentar untuk "Pemimpin Arab Sepakat Bentuk Kekuatan Koalisi Arab"

close