Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekayaan 1% Kaum Kaya Setara dengan Gabungan Kekayaan 99% Penduduk Dunia


Sebanyak 1% orang terkaya di dunia, memiliki kekayaan yang jumlahnya sama dengan total kekayaan 99% penduduk dunia, ungkap lembaga Oxfam.

Untuk masuk dalam kelompok 10% orang terkaya di dunia, seseorang harus memiliki kekayaan senilai US$68.800 atau sekitar Rp960 juta. Sementara untuk masuk dalam 1%, seseorang harus memiliki kekayaan setara US$760.000 atau Rp11 miliar.

Oxfam juga menyebut bahwa kekayaan 62 orang paling kaya di dunia, setara dengan gabungan kekayaan dari setengah orang paling miskin di dunia. Untuk nilai serupa, pada 2010 lalu perlu 388 orang paling kaya di dunia.

Penelitian Oxfam yang menggunakan data dari Credit Suisse, memaksa pimpinan dunia mengadakan pertemuan di Davos, Swiss, untuk mengambil tindakan terkait ‘ketidaksetaraan’ ini.

Persempit ‘jurang pemisah’

“Kita selalu berbicara bahwa negara-negara di dunia akan menciptakan kesejahteraan untuk semua orang, tetapi yang terjadi adalah kita hanya memperkaya 1% orang di dunia ini,” tulis laporan Oxfam.
Dalam laporannya, Oxfam juga menyebutkan bahwa sepanjang 2000 hingga 2009, proporsi kekayaan 1% orang terkaya, perlahan menurun. Namun, kemudian meningkat setiap tahun sejak 2010.

Oxfam meminta pemerintah berbagai negara untuk membalikkan tren ini dengan membayar karyawan ‘sepantasnya’ sehingga mengurangi ‘jurang pemisah’ antara pendapatan karyawan dengan pimpinan perusahaan.

Selain itu Oxfam juga menganjurkan pemerintah dan perusahaan untuk membayar kompensasi kepada karyawan yang asuransi kesehatannya tidak ditanggung, dan kesetaraan kepemilikan aset dan lahan bagi perempuan.

pemerintah pun diminta untuk mengurangi harga obat-obatan, memperbesar pajak dan mengarahkan anggaran negara, digunakan untuk mengurangi ketidaksetaraan. 

Sumber : bbc.com, 18/1/2016

Posting Komentar untuk "Kekayaan 1% Kaum Kaya Setara dengan Gabungan Kekayaan 99% Penduduk Dunia"

close