Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktivis LGBT Mendadak Jadi "Ustadz" di Acara Kompas TV, Ramai Dibahas Netizen


Aktivis LGBT Mendadak Jadi "Ustadz" di Acara Kompas TV, Ramai Dibahas Netizen. Acara dialog Program Khusus yang membahas soal LGBT di Kompas TV tadi malam (Kamis, 11/2/2016) tampak sekali berlangsung berat sebelah memihak kelompok LGBT dan pro-(legalisasi) LGBT. 

Dari 5 narasumber yang diundang 3 di antaranya dari pihak LGBT dan pro-LGBT (1 gay yang juga aktivis LGBT dan 2 orang pro-LGBT), 1 orang netral. 

Dan hanya 1 orang yang mewakili pihak kontra-LGBT. Itupun yang mewakili kubu kontra-LGBT adalah politisi yang tidak begitu paham peta isu LGBT sehingga argumen-argumen yang ia kemukakan terlalu normatif dan subjektif. Tentu akan lain ceritanya jika yang diundang mewakili pihak kontra-LGBT adalah psikolog yang menganut paradigma bahwa homoseksualitas adalah penyakit kejiwaan dengan didukung data-data hasil riset sekaligus paham peta isu LGBT. 

Ini masih ditambah dengan cara host Rosiana Silalahi memandu dialog yang amat terlihat kecondongannya kepada kubu LGBT dan pro-LGBT. Bisa diamati dari pertanyaan-pertanyaan yang ia lontarkan kepada para narasumber. 

Mengikuti bergulirnya dialog yang tidak berimbang ini bisa saja timbul persepsi bahwa mereka yang menolak LGBT hanyalah orang-orang kolot yang kurang piknik. 

Tidak berhenti sampai di situ, acara sempat terjebak menjadi sentimentil ketika si aktivis gay menceritakan pengalamannya dan teman-temannya yang mendapat perlakuan tidak manusiawi. Saat ia bercerita dengan nada emosional nyaris menangis kamera meng-close-up wajahnya sebelum kemudian diakhiri tepuk tangan penonton -tentu dengan arahan floor director- lalu acara memasuki jeda iklan. 

Yang juga menarik, 2 orang yang mewakili suara kubu pro-LGBT adalah perempuan berkerudung sedangkan si aktivis gay mengenakan peci. 

Sulit untuk tidak mengatakan bahwa seolah ada pesan tersirat: tidak mengapa menjadi LGBT atau pendukung legalisasi LGBT sekaligus menjadi seorang yang religius. 

Tentu saja tidak ada media yang netral, tapi jika kembali ke prinsip paling mendasar dalam dunia jurnalistik yaitu "cover both sides" kita bisa memepertanyakan apakah Program Khusus Kompas TV tadi malam sudah betul-betul memenuhi prinsip tersebut? 

Atau hanya sekadar memenuhi "cover both sides" secara nominal dengan (sengaja?) mengundang orang yang tidak kompeten untuk mewakili kubu kontra? (Sebatas agar terkesan mematuhi prinsip "cover both sides" -padahal sebenarnya tidak)?

Jika para pegiat literasi media konsisten menjunjung tinggi prinsip-prinsip jurnalistik saya pikir tayangan Kompas TV tadi malam juga harus mendapat perhatian. Itu kalau memang mau konsisten. 

Hartoyo berasal dari keluarga transmigran Jawa di Binjai, Sumatra Utara. Ia lahir di kota ini, 3 Maret 1976. Sejak lahir sampai SMU ia habiskan di kota kelahirannya. Kemudian pada tahun 1999 ia hijrah ke Banda Unsyiah melanjutkan studi di Fakultas Pertanian jurusan Produksi Ternak. Hartoyo telah memiliki ketertarikan seksual pada sesama pria sejak remaja. 

Seharusnya dia ngerti hewan ternak aja ngak ada yang gay. tulis Septian salah seorang Nitizen. [VM]

Sumber: infoberkah.com

Posting Komentar untuk "Aktivis LGBT Mendadak Jadi "Ustadz" di Acara Kompas TV, Ramai Dibahas Netizen"

close