Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reformasi yang tak Membawa Perubahan Hakiki: Revolusi Islam Jawabannya!!


Mei 18 tahun yang lalu tepatnya tanggal 21 Mei 1998 telah menjadi puncak penantian panjang para pejuang reformasi Indonesia. Ditandai dengan lengsernya presiden Soeharto dalam masa jabatannya selama 32 tahun.

Reformasi adalah perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu masa, yang pada saat itu bertujuan untuk menjatuhkan kekuasaan Soeharto atau era orde baru diganti dengan era reformasi saat ini. Adapun tujuan dari reformasi saat itu untuk menjadikan Indonesia menjadi lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Baik dalam aspek politik, ekonomi, social, dan pendidikan. Dan apabila ditelaah seharusnya saat ini Indonesia sudah menjadi Negara yang makin tangguh dalam segala aspek pasca reformasi tersebut.  Tetapi Indonesia saat ini justru tetap dalam keadaan yang labil dalam segala aspek. Dalam politik saat ini disibukkan dengan carut marut politik yang mengedepankan kepentingan kelompok, dan individu. Dalam aspek ekonomi malah keadaan ekonomi masyarakat dengan taraf ekonomi menengah atau kebanyakan kian terhimpit, dipusingkan dengan semakin melonjaknya harga kebutuhan pokok. Dalam aspek social malah justru makin maraknya tindak criminal dalam masyarakat dipicu dengan berbagai alasan. Sedang dalam aspek pendidikan saat ini membutuhkan modal besar untuk mencapai jenjang pendidikan yang layak. 

Jadi dapat dilihat perubahan apa yang terjadi pasca reformasi yang digaungkan 18 tahun yang lalu. Menjadi lebih baikkah Indonesia saat ini ?

Setelah dicermati reformasi Indonesia tidak berdampak pada perubahan kondisi yang lebih baik dikarenakan reformasi bukanlah solusi problematika yang dihadapi masyarakat. Reformasi tidak membawa perubahan yang hakiki, dan harus pula diyakini reformasi hanya akan memanjangkan usia ‘sistem sekuler’ atau merubahnya dari satu bentuk system sekuler kepada system sekuler dalam bemtuk yang lain pula.

Solusi untuk menyelesaikan problematika yang terjadi pada masyarakat saat ini dan untuk mewujudkan kemaslahatan seluruh masyarakat tanpa memandang jabatan, kedudukan, taraf ekonomi, dan siapa orang yang berkuasa saat itu tak lain dan tak bukan adalah Revolusi Islam.  Dimana revolusi islam merupakan perubahan dalam seluruh aspek kehidupan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok pokok kehidupan masyarakat berdasarkan hukum islam. 

Dan seruan kepada penerapan hukum islam secara menyeluruh harus diawali dengan perjuangan mencabut kondisi yang tidak islami dari akar-akarnya secara sempurna. Dengan demikian hukum islam akan mewujudkan rahmat bagi seluruh alam. Islam adalah rahmat bagi seluruh umat di tengah kehidupan saat ini dan masa datang, sebagaimana terbukti pada masa lalu dalam sejarah kaum muslim. Dengan menerapkan syariah islam secara menyeluruh dalam bingkai khilafah rasyidah yang mengikuti manhaj kenabian. Hanya dengan menerapkan hukum islam maka akan terwujud perbaikan dalam seluruh aspek kehidupan, serta menebarkan kebaikan, keadilan dan kemakmuran untuk seluruh manusia. Islam Rahmatan lil ‘Alamin. Wallahu a’lam bi ash shawab. [VM]

Penulis : Novi Purnawati (ibu rumah tangga)

Posting Komentar untuk "Reformasi yang tak Membawa Perubahan Hakiki: Revolusi Islam Jawabannya!!"

close