Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WikiLeaks akan Membocorkan Ribuan Dokumen Terkait Struktur Kekuasaan Politik Turki


WikiLeaks mengatakan berencana untuk merilis dokumen-dokumen terkait struktur kekuatan politik Turki, setelah upaya kudeta akhir pekan lalu yang gagal mengakibatkan ratusan tewas dan berujung pada penangkapan ribuan tersangka.

“Siap-siap bertempur sebab kami akan merilis 100ribu+ dokumen tentang struktur kekuatan polititik #Turki,” kata WikiLeaks lewat akun resminya di Twitter hari Senin (18/7/2016).

Bocoran tahap pertama terdiri dari 300ribu email dan 500ribu dokumen dan sebagian besar dokumen dalam bahasa Turki, kata WikiLeaks, seperti dilansir Aljazeera.

WikiLeaks juga memperingatkan perihal upaya sensor oleh pemerintah Turki untuk mencegah penyebaran dokumen itu. Oleh karenanya, organisasi tersebut mendesak masyarakat Turki bersiap-siap me-bypass segala upaya pemerintah memblokir aksesnya.

WikiLeaks mengatakan bypass akses bisa dilakukan dengan menggunakan TorBrowser dan uTorrent.

Tak lama kemudian organisasi bentukan Julian Assange itu juga membagikan link untuk torrent browser.

Sementara sebagian kalangan senang dengan akan dibocorkannya dokumen itu, guna mencari tahu misteri di balik percobaan kudeta yang hanya berlangsung singkat tersebut, sebagian lain mempertanyakan pemilihan waktu dirilisnya dokumen.

Sebagian menganggap sepertinya yang dibocorkan bakal berupa dokumen palsu, dan akan digunakan untuk membuat Presiden Recep Tayyip Erdogan dan pemerintahan AKP terlihat “lemah” atau bahkan “bersalah”.

Sebagian lain juga menuding WikiLeaks mendukung upaya kudeta.

WikiLeaks merespon tudingan itu dengan mengatakan pihaknya bersikap netral dan mendukung keterbukaan informasi. [VM]

Sumber : Hidayatullah

Posting Komentar untuk "WikiLeaks akan Membocorkan Ribuan Dokumen Terkait Struktur Kekuasaan Politik Turki"

close