Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Relawan Vaksin Sinovac di Bandung Terinfeksi Covid-19, Ini Sebabnya



Bandung, Visi Muslim-  25 relawan uji vaksin Sinovac di Bandung dilaporkan terpapar Covid-19. Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 menjelaskanm hal itu terjadi karena ada relawan yang hanya mendapat plasebo dan relawan yang terpapar dari luar.

Plasebo merupakan cairan netral yang tidak mengandung vaksin untuk tujuan uji klinis. Ketua Tim Riset Vaksin Covid-19 Prof Kusnandi Rusmil mengatakan 18 dari 25 relawan itu memang disuntikkan plasebo pada saat proses uji vaksin.

“Dari hasil yang kemarin yang dapat vaksin yang sakit (Covid-19) tujuh orang, yang dapat plasebo 18 orang,” kata Ketua Tim Riset Vaksin Covid-19 Prof Kusnandi Rusmil di Bandung Senin (18/1/2021).

Menurutnya tujuh orang relawan yang sudah disuntikkan vaksin kemudian terpapar Covid-19 itu tertular dari luar dan bukan dari vaksin itu sendiri.

Karena, kata Kusnandi, para relawan memang boleh beraktivitas seperti biasanya. Meski begitu, Kusnandi memastikan mereka tetap mendapat pengawasan dari tim riset vaksin.

“Sebagian besar (relawan yang divaksin) itu bergejala ringan jadi enggak dirawat. Nah yang dapat plasebo ada yang dirawat,” kata Kusnandi.

Selain itu, adanya relawan yang terpapar Covid-19 memang masih bagian dalam perhitungan efikasi uji klinis vaksin tersebut. Seperti diwartakan sebelumnya, efikasi vaksin Sinovac yang diuji di Bandung adalah sebesar 65 persen. [] Indopolitika

Posting Komentar untuk "25 Relawan Vaksin Sinovac di Bandung Terinfeksi Covid-19, Ini Sebabnya"

close