Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Ini Ada Gerhana Bulan Total, Jangan Lupa Sholat Khusuf

Salah satu bukti kebesaran Allah SWT kembali dapat disaksikan manusia pada Rabu besok (08/10). Gerhana bulan total akan terlihat di sebagian besar wilayah Indonesia. Jangan lewatkan salah satu Sunnah Nabi Muhammad saw dengan melaksanakan Shalat Gerhana melihat fenomena ini.

Menurut astronom dari komunitas Langit Selatan di Bandung, Avivah Yamani, gerhana bulan total pada 8 Oktober akan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB. Bulan berangsur tertutup secara penuh pada 17.25 WIB.

ilustrasi-gerhana bulan
“Puncak gerhananya pada pukul 17.54 WIB,” ujarnya seperti dilansir tempo.co, beberapa waktu lalu.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Prof. DR. Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa seluruh rangkaian gerhana bulan total ini bisa terlihat dengan jelas di wilayah timur Indonesia. Adapun di wilayah barat Indonesia, termasuk Jakarta, fase awal purnama tidak bisa terlihat namun puncak purnama dan fase akhir masih bisa terlihat di Jakarta.

“Kalau di Jakarta sehabis magrib sudah terlihat,” katanya Thomas sebagaimana dikutip dari portal berita detik.com.

Ini merupakan Gerhana Bulan kedua sepanjang tahun 2014 yang dapat disaksikan warga Indonesia. April lalu, bukti kebesaran Allah itu juga terlihat namun tak semua wilayah Indonesia bisa menyaksikannya. Gerhana bulan tersebut bisa terlihat cukup jelas di kawasan timur dan tengah Indonesia.

Bagi umat Islam yang menyaksikan fenomena ini diperintahkan untuk melaksanakan salah satu perintah Nabi, yaitu shalat Gerhana. Hal itu seperti diungkapkan beliau dalam hadist dari sahabat Uqbah bin Amir al-Anshary radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

“Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan dua tanda kekuasaan dari tanda-tanda kekuasaan Allah, yang dengan keduanya Allah hendak menjadikan hamba-hamba-Nya berperasaan takut. Keduanya (matahari dan bulan) tidak mengalami gerhana dengan sebab matinya seseorang manusia dan tidak pula karena hidupnya seseorang manusia. Sekiranya kamu melihat salah satu dari dua gerhana tersebut, maka shalatlah dan berdoalah selagi mana ia dapat kamu lihat.” (HR. Muslim) [www.visimuslim.com]

Sumber: Detik, Tempo, Kiblat 

Posting Komentar untuk "Hari Ini Ada Gerhana Bulan Total, Jangan Lupa Sholat Khusuf"

close