Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ribuan Muslim Rohingya Ditahan, Kelompok HAM Kecam Pemerintah Myanmar

Kelompok HAM Myanmar dikabarkan telah mengutuk rencana pemerintahnya untuk menahan ribuan Muslim Rohingya ke kamp penahanan tanpa batas waktu.Hal itu dilakukan karena mereka tidak memenuhi syarat kewarganegaraan, demikian menurut WorldBulettin pada hari Jum’at (3/10/2014).

AS dan beberapa kedutaan di Myanmar menunjukan keprihatinan mereka terkait rencana yang diambil oleh pemerintah setempat, seorang pejabat AS kepada Reuters. Sebagian besar dari 1,1 juta Muslim Rohingya Myanmar hidup dalam kondisi menghawatirkan.

Ilustrasi
Pemerintah menolak memberikan status kewarganegaraan bagi pemukim Rohingya dan menyebut mereka sebagai Bengali, yang berarti imigran ilegal dari Bangladesh meski telah tinggal di Myanmar selama beberapa generasi.

Menurut draft rencana yang diperoleh oleh Reuters, pemerintah telah mengusulkan bahwa pihak berwenang untuk membangun kamp sementara sesuai jumlah yang diperlukan bagi mereka baik menolak untuk didaftarkan atau yang tidak memiliki dokumen memadai. [fha/wb/islampos/visimuslim.com]

Posting Komentar untuk "Ribuan Muslim Rohingya Ditahan, Kelompok HAM Kecam Pemerintah Myanmar"

close