Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUI Akan Lakukan Standarisasi Dai


VisiMuslim - Ketua Komisi Dakwah MUI, Cholil Nafis mengungkapkan bahwa MUI akan melakukan standarisasi dai. Untuk merealisasikan hal itu, MUI akan melakukan kerjasama dengan beberapa pihak.

“Kita akan bikin standarisasi dai-dai yang direkomendasikan oleh MUI. Dan dai yang di media-media juga akan ada standarisasi. Maka kita kerjasama dengan KPI dengan Kementerian Agama,” katanya kepada Kiblat.net pada Selasa (17/04/2018).

Menurutnya, standarisasi ini bertingkat pada dai internasional, nasional, provinsi, sampai pada kabupaten/kota. Cholil juga menjelaskan standar dai internasional. Dai internasional, kata dia, bukan hanya dai yang mampu pergi ke luar negeri.

“Dai tersebut harus tahu gerakan-gerakan islam internasional, bagaimana isu-isu keagamaan internasional, isu perjuangan internasional, harus paham. Kalau nggak paham, mereka nggak bisa direkomendasikan menjadi dai internasional,” terangnya.

Ia juga membantah jika standarisasi ini untuk melarang orang-orang yang ingin berdakwah. Menurutnya, meskipun ada standarisasi, pilihan dai yang diundang untuk ceramah tetap di tangan umat Islam.

“Kami nggak melarang. Misalnya acara nasional tapi ngundangnya dari yang kelas kampung, kami nggak masalah. Kami hanya memberikan rekomendasi pilihannya kepada umat,” terangnya.

Selain itu, Cholil juga mengatakan bahwa standarisasi ini berbeda dengan sertifikasi dai. Jika sertifikasi, kata dia, lebih condong kepada apakah dai ini boleh berdakwah atau tidak. [vm]

Sumber : Kiblat

Posting Komentar untuk "MUI Akan Lakukan Standarisasi Dai"

close