Negara-Negara Arab Gabung Proyek Jalur Sutra China

Jalur Sutra Baru China. Foto : Xinhua
VisiMuslim - Beijing sudah menandatangani kesepakatan proyek Belt and Road Initiative (BRI) bernilai multi miliar dolar dengan negara-negara Arab, lapor kantor berita pemerintah Xinhua, mengutip hasil pertemuan forum China-Arab.

Pertemuan kedua China-Arab Forum on Reform and Development, yang digelar di Shanghai hari Selasa (16/4/2019), menarik minat ratusan pengusaha, politisi dan akademisi dari China dan negara-negara Arab seperti Mesir, Libanon, Djibouti dan Oman. Pertemuan tahun ini yang diberi tema “Build the Belt and Road, Share Development and Prosperity” dimaksudkan untuk mendokrak mega proyek itu.

Sejumlah pemimpin negara Arab diperkirakan akan menghadiri pertemuan kedua Belt and Road Forum for International Cooperation, yang digelar di Beijing pada bulan ini, menurut jubir Kementerian Luar Negeri China Lu Kang kepada para jurnalis dalam konferensi pers Rabu pekan lalu (17/4/2019).

China merupakan mitra dagang terbesar kedua bagi kawasan Arab dengan nilai perdagangan mencapai $190 miliar pada tahun 2017, menurut asisten Sekjen Liga Arab, Khalil Thawadi, seperti dilansir RT dari Jordan Times. Dokumen resmi menyebutkan bahwa 21 negara Arab menandatangani MoU proyek yang dijuluki sebagai Jalur Sutera Baru itu pada tahun 2018.[vm]

Sumber : hidayatullah

Belum ada Komentar untuk "Negara-Negara Arab Gabung Proyek Jalur Sutra China"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...