Pernyataan Sikap Forum Doktor Muslim ; Refleksi Kemerdekaan


VisiMuslim - Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (FDMPB) edisi ke-2 (18/08) mengambil tema ‘Refleksi Kemerdekaan Indonesia ke-74 : Telaah atas Kondisi Faktual Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Menuju Indonesia Berdaulat’.

Di akhir sesi, Steering Committee Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa membagikan pernyataan sikap. Berikut petikannya.

Setelah 74 tahun negara Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, ternyata masih menyisakan sejumlah persoalan dalam berbagai bidang, baik dalam bidang ekonomi, hukum, sosial budaya dan aspek kehidupan lainnya. Secara kasat mata kita melihat telah terjadinya penjajahan di berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Sebagai contoh, dalam aspek ideologi ternyata negara kita masih menerapkan kapitalisme liberal yang menguatkan penjajahan asing untuk mengeksploitasi kekayaan alam Indonesia atas nama hutang, investasi asing, atau perdagangan bebas. 

Dalam aspek hukum, praktik penegakkan hukum ternyata masih dari apa yang dicita-citakan oleh konstitusi kita. Akhirnya negara ini bukan lah menjadi negara hukum, tapi telah menjadi negara kekuasaan. Berbagai kasus hukum yang akhir-akhir ini terjadi dan menimpa kalangan ulama, intelektual, dan aparat sipil negara semakin membuktikan bahwa hukum saat ini bukan sebagai panglima, tapi sebagai alat untuk melanggengkan kekuasaan.

Dalam aspek ekonomi, telah terjadi praktik liberalisasi dalam berbagai bidang seperti privatisasi BUMN, privatisasi pengelolaan sumberdaya alam esensial seperti air, sumberdaya alam (hutan, perkebunan, laut & pesisir, minyak & gas bumi, mineral & batubara), dan penyediaan pangan, pengurangan subsidi yang dipaksakan IMF dan World Bank, dan praktik perbankan yang ribawi. 

Maka kami dari Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa bersama ini menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Bahwa berdasarkan telaah kritis yang kami lakukan terhadap berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini, maka kami berpendapat bahwa sesungguhnya negara Indonesia belum merdeka secara hakiki, tapi baru merdeka dari penjajahan fisik. 

2. Bahwa agar Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat, maka Indonesia harus membangun kemandirian dan kedaulatan dalam mengelola berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara baik dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, hukum, sosial budaya, pendidikan, lingkungan dan lain sebagainya. 

3. Menyeru seluruh intelektual muslim selaku tokoh panutan di tengah masyarakat untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa pangkal dari berbagai krisis multi dimensi, carut marut, dan kompleksitas persoalan yang menimpa negeri ini dalam berbagai dimensi kehidupan adalah karena diterapkannya sistem kapitalis liberal. Adapun proses penyadaran dilakukan melalui proses edukasi secara terus-menerus, sehingga terbangun kesadaran politik di tengah-tengah masyarakat. 

4. Menyeru seluruh intelektual muslim dan tokoh umat yang mempunyai kesadaran kritis untuk terus-menerus membangun opini publik bahwa Islam adalah alternatif solusi yang terbaik untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara guna menuju negara Indonesia yang berdaulat. 

5. Bahwa untuk mewujudkan negara yang Baldatun Thoyyibatun wa-Rabbun Ghofur, maka cara yang harus dilakukan adalah dengan terus-menerus berjuang memerdekakan diri, Bangsa dan Negara ini dari penghambaan kepada manusia, dunia, negara asing dan hawa nafsu dengan hanya tunduk dan menghamba kepada Allah SWT.

Demikian  pernyataan kami Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa. Semoga Allah SWT  memberi kekuatan dan kemudahan bagi bangsa ini untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang merdeka dan berdaulat secara hakiki. [vm] rif

Belum ada Komentar untuk "Pernyataan Sikap Forum Doktor Muslim ; Refleksi Kemerdekaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...