Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Multaqo Ulama Aswaja Kota Batu: 2020 Tahun Kemenangan Umat Islam



Kota Batu-VisiMuslim- (1/3/2020). "2020 adalah Tahun Umat Islam dan Tahun Kemenangan Umat Islam" demikian petikan taushiyah Ustadz Drs. Abdun Muthi', MM. (Pengasuh Majelis Dzikir Wa Taklim Taqarrub Ilallah Batu) pada Multaqa Ulama Aswaja yang diselenggarakan oleh Majelis Dzikir Wa Taklim Taqarrub Ilallah Batu di salah satu masjid kawasan kota Batu.

Dalam taushiyah selanjutnya ust Muthi' menjelaskan Firman Allah SWT dalam Surat An-Nur: 55 yang terjemahannya sebagai berikut: “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal saleh, bahwa Dia sungguh-sungguh akan memberikan Kekuasaan kepada mereka di muka bumi, sebagaimana Dia telah memberikan kekuasaan itu kepada orang-orang sebelum mereka, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” [TQS. an-Nur: 55]

Ust Muthi' menjelaskan bahwa: "Allah memulai ayat tersebut dengan lafadz, “Wa’ada” [telah berjanji], dengan menggunakan fi’il madhi [dengan konotasi telah], yang bisa berarti janji-Nya itu pasti terwujud," jelasnya

Selanjutnya ust Muthi' mempertanyakan siapa yang diberi janji oleh Allah? "Tak lain adalah orang Mukmin, yang melakukan amal shalih (amal perbuatan yang terikat sepenuhnya dengan syariat Allah SWT), dan tidak menyekutukan Allah dengan apapun", terangnya



Lalu ust Muthi' mengungkapkan apa yang dijanjikan oleh Allah kepada mereka?: " adalah kekuasaan di muka bumi. Namun, bukan sembarang kekuasaan, tetapi kekuasaan yang telah diwariskan oleh Rasulullah Sholallohu alaihi wasallam,  itulah khilafah. Sebagaimana telah diwarisi oleh Para Shahabat khulafa'urrasidin... Khalifah Abu Bakar, Khalifah Umar bin Khattab,  Khalifah Utsman Bin Affan, Khalifah Ali bin Abi Thalib,  Khalifah Itu bisa diketahui dari lafadz, “Yastakhlifa”, bentuk fi’il mudhari’ [kata kerja dengan konotasi sekarang dan akan datang artinya kekuasaan ]  jadi sistem khilafah inilah yang dijanjikan Allah SWT", sebagaimana diperankan para khulafa'urrasidin.  ungkapnya.

Dalam taushiyah berikutnya, Ustadz Muthi' menerangkan apa itu khilafah: 
"Khilafah adalah kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslimin untuk menerapkan hukum-hukum Allah dan untuk berdakwah ke seluruh alam. Dengan Khilafah akan terwujud kemakmuran untuk semua baik muslim maupun kafir," terangnya.



Diakhir paparannya Ust Muthi' menyinggung bahwa "Problem-problem pembantaian dan kedzaliman yang menimpa saudara-saudara kita di India, Uyghur, Rohingnya, Syam dll, kita lihat semua orang Islam di luar daerah tersebut cenderung hanya menonton baik penguasa maupun rakyatnya, tidak ada yg berjihad membantunya atau menolongnya dikarenakan warisan Rasulullah yg wajib diteladani itu tidak diterapkan. Padahal sistem khilafah adalah benteng kaum muslimin di seluruh dunia", pungkasnya.

Selain ustadz Muthi', hadir juga memberi taushiyah Ustadz Ahmad Agus S. (Pengasuh Majelis Taklim Safinatun Naja Kota Batu).

Multaqo Ulama dengan tema "2020 Tahun Umat Islam" ini dihadiri sekitar 30 ulama dan para muhibbin dari kota Batu dan kota Malang. Nampak hadir Abah Harsono (Tokoh Peggerak Majelis Taklim kota Batu), Ustadz Hamzah Winsyah Al Mustajab (Pesantren Tahfidz Ar Razi kota Batu), Ustadz Muhammad Arifin, S.Pd.I. (Mudir Pesantren Al Andalusia Kota Batu), Ustadz Hasan Husein ATT, SE. (dari Pondok pesantren Darul Muttaqin kota Batu), KH. Drs. Muhammad Alwan, M.Ag. (Direktur Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al Ulya Kota Malang), Ustadz Mahrus Sofyan (Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Malang), dll.



Multaqo Ulama  berjalan penuh keakraban diantara para ulama, acara diakhiri doa yg dipimpin KH. Drs. Muhammad Alwan, M.Ag. acara dilanjutkan foto bersama dan ramah tamah. [sw]

Posting Komentar untuk "Multaqo Ulama Aswaja Kota Batu: 2020 Tahun Kemenangan Umat Islam"