Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Azerbaijan dan Armenia Kembali Bentrok, Satu Warga Sipil Tewas

 

Baku, Visi Muslim- Seorang warga sipil Azerbaijan tewas pada hari Sabtu, (10/10/2020) ketika tentara Armenia menargetkan pemukiman Azerbaijan meskipun telah ada kesepakatan gencatan senjata.

Jaksa Azerbaijan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa desa Chemenli dan Zengishali di provinsi Agdam dibombardir oleh Angkatan Bersenjata Armenia sekitar jam 7 malam. waktu setempat (0300GMT).

Gunduz Huseynov, (46),  seorang warga sipil tewas dalam serangan yang ditargetkan di wilayah Chemenli. Jumlah warga sipil yang kehilangan nyawa dalam serangan Armenia dalam dua minggu terakhir meningkat menjadi 32 orang.

Sebelumnya, gencatan senjata sempat terjadi antara kedua negara yang mana mereka menyetujui pertukaran tahanan dan pengambilan mayat di Nagorno-Karabakh yang mulai berlaku pada pukul 12 malam. waktu setempat (0800GMT) pada hari Sabtu.

Gencatan senjata terjadi setelah pertemuan trilateral di Moskow pada hari Jumat antara para menteri luar negeri Rusia, Azerbaijan, dan Armenia.

Sebelumnya pada hari itu, Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan Armenia "telah" melanggar perjanjian gencatan senjata dengan mencoba melakukan serangan.

Pertempuran dimulai pada 27 September, ketika pasukan Armenia menargetkan pemukiman sipil Azerbaijan dan posisi militer di wilayah Karabakh Atas, yang mengakibatkan korban jiwa.

Banyak kekuatan dunia, termasuk Rusia, Prancis, dan AS, telah mendesak gencatan senjata terbaru. Turki, sepenuhnya telah mendukung hak Baku untuk membela diri dan menuntut penarikan pasukan pendudukan Armenia.

Hubungan antara kedua bekas Turki Ustmani itu tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, atau Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Sekitar 20% wilayah Azerbaijan tetap berada di bawah pendudukan ilegal Armenia selama sekitar tiga dekade.

Empat Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB, serta banyak organisasi internasional, menuntut penarikan pasukan pendudukan Armenia. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Azerbaijan dan Armenia Kembali Bentrok, Satu Warga Sipil Tewas"

close