Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Panas, Militer China Latihan Pendaratan di Laut China Selatan

 


Beijing, Visi Muslim- China telah merilis rekaman militernya yang melakukan latihan pendaratan bersama di Laut China Selatan (LCS) yang disengketakan.

Rekaman video itu muncul hanya beberapa hari setelah operasi pengintaian Amerika Serikat (AS) dan latihan militer Taiwan yang mensimulasikan serangan China daratan di terumbu karangnya.

“Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China daratan mengirim angkatan laut, angkatan darat dan korps marinir serta pasukan angkatan udara untuk terlibat latihan perang di sekitar Pulau Triton, Kepulauan Paracel, untuk mengeksplorasi taktik dan metode perang gabungan,” papar laporan stasiun penyiaran negara CCTV.

Kepulauan Paracel juga diklaim Vietnam dan Taiwan. Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat telah sering melakukan operasi "kebebasan navigasi" di wilayah tersebut, paling baru bulan lalu.

Kapal perusak berpeluru kendali Tipe 052D, kapal fregat berpeluru kendali Tipe 054A dan kapal pendukung menjaga lepas pantai, sementara pesawat tempur Su-30MKK dan pembom H-6K menyediakan perlindungan udara.

Dalam skenario untuk latihan penyerangan, pasukan korps marinir PLA mendarat dari kapal dan helikopter, kemudian menghadapi tembakan perlawanan yang kuat sebelum tim tank mengirimkan kendaraan ke depan dan menghancurkan bunker musuh.

Laporan tersebut tidak menyebutkan secara spesifik waktu pelaksanaannya, namun dikatakan bahwa itu dilakukan dalam beberapa hari terakhir.

Tayangan itu disiarkan setelah PLA memulai latihan militer selama sebulan di Laut China Selatan pada Senin, saat Amerika Serikat telah meningkatkan operasi pengintaian.

“Armada angkatan laut juga mempraktikkan tujuan pelatihan termasuk pertahanan udara, operasi anti-rudal, dan lepas landas serta pendaratan helikopter di malam hari,” ungkap laporan TV dan pernyataan PLA.

Menurut data pemantauan yang dirilis South China Sea Strategic Situation Probing Initiative, wadah pemikir yang berbasis di Beijing, AS mengirim pesawat pengintai, termasuk drone pengintai maritim MQ-4C, pesawat mata-mata EP-3E, dan pesawat pengintaian strategis RC-135U ke Laut Cina Selatan pekan lalu.

AS juga mengirim kapal pengintai laut USNS Impeccable ke wilayah tersebut.

Video PLA juga muncul ketika angkatan bersenjata Taiwan melakukan latihan penembakan langsung dari Kepulauan Pratas ke perairan sekitarnya pada Senin.

Latihan serupa selanjutnya dijadwalkan untuk pekan depan dan akhir bulan ini, di Pulau Taiping.

Baik Kepulauan Pratas dan Taiping dikuasai Taiwan. Pratas terletak di utara Laut Cina Selatan, antara Taiwan dan provinsi pulau utama Hainan.

Taiping terletak jauh ke selatan, yang terbesar dari Kepulauan Spratly yang terbentuk secara alami.

“Latihan Taiwan merupakan pelatihan tahunan yang direncanakan, terutama untuk mensimulasikan penanganan intrusi oleh PLA dan kapal Vietnam," ungkap pernyataan penjaga pantai Taiwan.

Karena hubungan antara Beijing dan Taipei menjadi lebih tegang, PLA meningkatkan peringatannya ke Taiwan yang dipandang pemerintah China sebagai bagian wilayahnya. [] Sindonews



Posting Komentar untuk "Bikin Panas, Militer China Latihan Pendaratan di Laut China Selatan"

close