Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pejabat Tinggi Turki dan AS Bahas Soal Perdamaian Afghanistan



Ankara, Visi Muslim- Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken membahas proses perdamaian Afghanistan dan sejumlah masalah lainnya dalam panggilan telepon Senin, (12/4/2021).

"Kami melakukan panggilan telepon yang bermanfaat dan konstruktif dengan Menteri Luar Negeri AS @SecBlinken. Membahas masalah agenda bilateral, proses perdamaian #Afghanistan, Konferensi Istanbul yang akan diadakan dalam hal ini, #Syria dan #MiddleEast," kata Cavusoglu di Twitter .

Pemerintah Afghanistan pada hari Minggu mengumumkan bahwa strategi perdamaian yang kohesif dan terpadu telah diselesaikan untuk konferensi yang akan digelar di Turki.

Menurut Dewan Tinggi untuk Rekonsiliasi Nasional (HCNR) negara itu, strategi tersebut ditujukan untuk melestarikan demokrasi dan hak-hak fundamental serta institusi di negara tersebut.

Sebelumnya pada hari itu, Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh mengatakan pada pertemuan publik di ibukota Kabul bahwa kesepakatan tentang nilai-nilai demokrasi, gencatan senjata dan pembentukan "pemerintahan perdamaian" akan menjadi agenda utama konferensi Istanbul.

Pada hari Sabtu, utusan khusus Washington untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Abdullah Abdullah, ketua HCNR, serta pejabat senior lainnya.

Dalam pertemuannya dengan Abdullah, pejabat AS mengatakan dunia mengharapkan "Afghanistan menghadiri Konferensi Istanbul dengan strategi yang seragam," kata HCNR dalam pernyataan terpisah.

Awal pekan ini, Ghani mengusulkan pembentukan pemerintahan transisi untuk mendorong proses perdamaian.

Belum ditentukan kapan tanggal yang diumumkan untuk mengadakan konferensi Istanbul yang diusulkan tersebut, tetapi kemungkinan akan diadakan akhir bulan ini. [] Nilufar Babayigit

Posting Komentar untuk "Pejabat Tinggi Turki dan AS Bahas Soal Perdamaian Afghanistan"