Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebuah Masjid di Gouda, Belanda Dibakar Orang Tidak Dikenal



Gouda, Visi Muslim- Sebuah kebakaran terjadi di sebuah masjid yang sedang dibangun di Antwerpseweg, Gouda, Belanda, kata seorang juru bicara Polisi, Sabtu malam (3/4/2021). Polisi telah menangkap seorang pria berusia 40 tahun yang tidak memiliki tempat tinggal permanen yang diduga telah melakukan pembakaran masjid tersebut. "Kami sangat menyesalkan tindakan tersebut," kata Fouad Khouakhi, sekretaris masjid. Siapa yang melakukannya dan apa motifnya?

Polisi kemudian datang sekitar pukul 3 waktu setempat, seorang saksi mengatakan seorang pria tak dikenal melemparkan benda yang terbakar ke dalam masjid tersebut. Pemadam kebakaran dengan cepat merespon dan mampu memadamkan api dengan cepat. Hal ini dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran, antara lain dengan membongkar bahan bangunan dan menyemprotnya dengan air.

Saksi kebakaran memberikan keterangan tersangka. Pelaku adalah pria kulit putih dengan memakai celana jins, jaket dan tas. Dia berada di perempatan Wintersdijk dengan Van Bergen IJzendoornpark, petugas kemudian menangkap seorang pria yang sesuai dengan keterangan saksi. Petugas mencium bau terbakar di sekitar pria itu saat akan ditangkap. Tersangka yang ditangkap tersebut diketahui memiliki gangguan kejiwaan.

'Saya hampir pingsan'

“Api ada di lantai dasar yang digunakan untuk tempat parkir,” kata Khouakhi yang kesal. 'Ada bahan-bahan mudah terbakar di sana dan api mulai terlihat dari sana. Saat itu saya belum berada di dalam gedung, tetapi saya pikir sebagian besar kerusakan material akibat dari asap yang berada di ruangan tersebut.'

Sabtu pagi, Khouaki mengetahui bahwa telah terjadi kebakaran di masjid yang sedang dibangun. 'Ponsel saya selalu mati antara tengah malam dan jam 6 pagi. Ketika saya mendengar apa yang terjadi, saya terkejut dan hampir pingsan. Saya melihat foto-foto yang tampak seperti bangunan terbakar.

Belum  Jelas Apa Motifnya

Masjid itu berlokasi di gedung perkantoran lama, yang saat ini sedang direnovasi. Kontur untuk tempat ibadah sudah terlihat jelas. Ada bahan bangunan di sekitar properti. Masyarakat dikejutkan oleh kebakaran tersebut, kata sekretaris itu. 'Mereka lewat untuk memeriksa situasi. Mereka prihatin dan kami mendapat banyak dukungan dari masyarakat.

Serangan yang terus menerus terhadap simbol-simbol Islam seperti masjid dan sekolah dasar Islam di Belanda bukan lagi insiden baru. Serangan terhadap masjid ini bukan hanya kejahatan yang terisolasi tetapi bagian dari sentimen yang lebih besar yang tumbuh di Belanda. Ini menyangkut sentimen anti-Islam yang secara struktural diekspos oleh masyarakat Belanda, politisi, media, dan lembaga lainnya.

Tanggapan pihak berwenang atas kejahatan semacam (seperti perusakan masjid) juga banyak dibicarakan. Misalnya, kekhawatiran yang mendalam dari pengurus masjid dan organisasi Islam lainnya yang terus-menerus menerima ancaman dari kelompok ekstremis sayap kanan dan personal yang memiliki ideologi ekstremis tidak ditangani secara serius. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Sebuah Masjid di Gouda, Belanda Dibakar Orang Tidak Dikenal"