Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disertasi Wamenag: Gerakan Islamis Ungkap Akar Keterpurukan Umat Islam Indonesia

 


Jakarta, Visi MuslimWakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengungkap akar keterpurukan umat Islam Indonesia menurut gerakan Islamis bersumber dari penerapan ideologi sekuler barat.

“Gerakan Islamis berpendapat bahwa akar keterpurukan umat Islam Indonesia bersumber dari penerapan ideologi sekuler barat,” tuturnya dalam sidang ujian Promosi Doktor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (5/8/2021) via Zoom.

Dalam disertasinya yang berjudul Kontestasi Ideologi Politik Gerakan Islam Indonesia di Ruang Publik Digital, Sa’adi menuliskan dalam kesimpulannya bahwa gerakan Islamis menawarkan solusi untuk mengatasi problematika umat Islam Indonesia adalah dengan penegakan ideologi Islam. “Dan penerapan syariat Islam secara komprehensif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Menurutnya, wacana pembingkaian ideologi politik alternatif yang dikonstruksi HTI dan FPI ini menunjukkan bahwa gerakan Islamis menggunakan bingkai identitas (identity frame) sebagai bingkai utama (master frame) dalam memformulasikan masalah dan solusi umat Islam Indonesia. “Dalam rangka mempropagandakan wacana ideologi politik alternatif tersebut, gerakan Islamis menggunakan internet dan media sosial secara kreatif dan produktif sebagai perangkat penjembatanan bingkai (frame bridging) dan perluasan bingkai (frame extension),” ungkapnya.

Saadi juga mengatakan, gerakan Islamis memproduksi wacana ideologis dalam bentuk teks, gambar, audio visual, meme, infografis dan sebagainya untuk mempengaruhi persepsi publik. “Dan mendorong umat Islam berpartisipasi dalam aksi kolektif,” tegasnya.[] Achmad Mu’it

Posting Komentar untuk "Disertasi Wamenag: Gerakan Islamis Ungkap Akar Keterpurukan Umat Islam Indonesia"

close