Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakar Ilmu Hadist, Yuana Ryan Tresna: Makna Hijrah adalah dari Darul Kufur ke Darul Islam



Jakarta, Visi Muslim- Pakar ilmu hadist  dan pendakwah nasional, Ajengan Yuana Ryan Tresna menerangkan makna hijrah, yakni berpindah dari darul kufur ke darul Islam (Khilafah).

"Makna hijrah itu adalah dari darul kufur ke darul Islam," ujarnya dalam agenda Hijrah Bareng- Bareng yang diselenggarakan oleh Komunitas Pecinta Hijrah, Rabu (11/8/2021), melalui daring.

Ditambahkan bahwa makna ini berpijak atau mencontoh dari Sirah hijrah nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah, hal ini menurutnya adalah makna secara syar'i.

Beliau juga menjelaskan bahwa para ulama mengkategorikan hijrah ialah berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, atau dari satu kondisi ke kondisi berikutnya, "Inilah yang namanya Hijrah", terangnya.

Ditambahkan dengan sebuah kutipan dari perkataan Ibnu Arabi, "Berpindah atau keluar dari negeri atau negara yang haram yang tidak menerapkan Islam menuju Darul Islam, negara yang Islam diterapkan dan keamanannya berada di tangan umat Islam."

Ia menggarisbawahi untuk memaknai pentingnya hijrah. 

"Hari ini kita harus memaknai hijrah, untk merefleksikan kembali apa yang mesti kita lakukan hari ini," tutupnya. [] Nilufar Babayigit

Posting Komentar untuk "Pakar Ilmu Hadist, Yuana Ryan Tresna: Makna Hijrah adalah dari Darul Kufur ke Darul Islam"