Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengejutkan, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Umumkan Pensiun dari Politik



Manila, Visi Muslim- Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan pada hari ini Sabtu, (02/10/2021), bahwa dia pensiun dari politik, sebuah langkah mengejutkan yang memicu spekulasi bahwa dia membuka jalan bagi putrinya untuk mencalonkan diri untuk menggantikannya.

"Hari ini, saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik," kata Duterte, Sabtu, (2/10/2021) ditemani Senator setianya Christopher "Bong" Go dari partai mereka yang berkuasa PDP-Laban saat ia mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Duterte diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Dia tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri lagi untuk jabatan nomor satu di negara itu karena konstitusi menetapkan batas masa jabatan enam tahun untuk presiden.

Pengamat politik telah lama menduga Duterte bisa membuat kejutan, seperti pemilihan presiden yang dijalankan oleh putrinya, Sara Duterte-Carpio, tahun depan.

Duterte-Carpio, yang menggantikan ayahnya sebagai walikota Davao, mengatakan bulan lalu dia tidak mencalonkan diri untuk jabatan yang lebih tinggi tahun depan karena dia dan ayahnya telah sepakat hanya satu dari mereka yang akan mencalonkan diri untuk jabatan nasional pada 2022.

Keputusan Duterte yang lebih tua untuk tidak ikut perlombaan pemilu tahun depan akan membuka jalan baginya.

"Ini memungkinkan Sara Duterte untuk mencalonkan diri," kata Antonio La Vina, profesor hukum dan politik di Universitas Ateneo de Manila. Tapi La Vina mengatakan dia tidak bisa mengesampingkan kemungkinan pemimpin yang berapi-api itu bisa berubah pikiran dan menjadi pengganti Go.

Kandidat memiliki waktu hingga Jumat untuk mendaftar, tetapi penarikan dan penggantian diperbolehkan hingga 15 November, hal itu meninggalkan ruang untuk perubahan hati di menit-menit terakhir, seperti masuknya Duterte pada jam ke-11 untuk pemilihan 2016, yang ia menangkan dengan selisih besar. [] Aboe Shehnaze Kaif 

Posting Komentar untuk "Mengejutkan, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Umumkan Pensiun dari Politik"

close