Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Orang Tewas dalam Bentrokan antara Kelompok Bersenjata STC di Yaman



Aden, Visi Muslim- Bentrokan pecah di kota Aden Yaman pada hari Sabtu, (2/10/2021), antara kelompok bersenjata Dewan Transisi Selatan (STC).

Sedikitnya empat pejuang tewas, kata dua sumber keamanan.

Warga melaporkan tembakan sengit di distrik Kawah pusat Aden yang menampung kantor pusat pemerintah dan bank sentral.

Kota ini telah mengalami ketegangan antara pemerintah yang diakui secara internasional dan STC atas yang memiliki kendali di wilayah selatan.

Sebelumnya, Perdana Menteri pemerintah yang didukung Saudi kembali ke Aden minggu lalu dari Arab Saudi dan tinggal di istana presiden di Kawah bersama dengan menteri pemerintah lainnya. Sedangkan Presiden Yaman berbasis di Riyadh.

Yaman Selatan telah dilumpuhkan oleh perebutan kekuasaan antara pemerintah dan STC yang didukung Uni Emirat Arab, yang menyebabkan protes dalam beberapa bulan terakhir atas kemiskinan yang meluas dan layanan publik yang buruk.

Mereka adalah sekutu kecil di bawah koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi yang telah memerangi gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran yang menggulingkan pemerintah dari ibu kota Sanaa pada akhir 2014 dan sekarang menguasai sebagian besar Yaman utara dan pusat kota utama.

Arab Saudi menengahi kesepakatan yang bertujuan untuk mengakhiri kebuntuan antara pemerintah dan STC, termasuk membentuk kabinet baru yang mencakup kelompok separatis, tetapi pemindahan pasukan yang direncanakan belum dilakukan.

Koalisi melakukan intervensi di Yaman pada 2015 untuk melawan Houthi tetapi konflik terus berlanjut, menewaskan puluhan ribu orang dan mendorong negara itu ke ambang kelaparan. [] Gesang 

Posting Komentar untuk "4 Orang Tewas dalam Bentrokan antara Kelompok Bersenjata STC di Yaman"

close