Pemilu Indonesia Disebut Paling Rumit di Dunia


VisiMuslim - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyebut Pemilu di Indonesia sebagai yang paling rumit di dunia. Dia menyarankan tak perlu ada propaganda yang dilakukan pendukung masing-masing kubu.

Pernyataan itu diungkapkan Bamsoet, panggilan Bambang Soesatyo, seusai mencoblos di Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (17/04/19). Usai melakukan pencoblosan, Politisi Partai Golkar itu berkeliling ke berbagai TPS di Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen untuk memantau penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Pemilu di Indonesia adalah Pemilu terumit di dunia, dimana warga langsung memberikan hak pilihnya secara langsung untuk memilih pasangan Presiden-Wakil Presiden, anggota legislatif tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, DPR RI, hingga DPD RI,” ujar Bamsoet, Rabu (17/04/19).

Dia menyebut putaran kampanye telah diselesaikan dengan sukses. Menurutnya, jika proses pemungutan hingga ke penghitungan suara lancar, aman dan tertib, maka dunia akan mencatat bahwa bangsa Indonesia tidak hanya sekadar dewasa, namun sudah matang dalam berpolitik dan berdemokrasi.

“Jika kampanye selama 6,5 bulan kemarin diwarnai banyak ketegangan, semoga proses pemungutan hingga penghitungan suara hari ini diwarnai dengan senyuman,” ungkapnya.

“Tak perlu lagi kisruh saling membela jagoannya ataupun ribut-ribut saling klaim kemenangan. Tak perlu lagi ada provokasi, propaganda ataupun intimidasi,” imbuh Bamsoet.

Apapun hasilnya, lanjut Bamsoet, Pemilu tidak sekadar menang atau kalah. Karenanya, yang menang pemilihan tidak perlu jumawa, dan yang kalah juga tidak perlu berkecil hati. [vm]

Sumber : kiblat

Belum ada Komentar untuk "Pemilu Indonesia Disebut Paling Rumit di Dunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...