Sebut Kemenangan Prabowo di Daerah Islam Garis Keras, Mahfud MD Tuai Kritikan

Mahfud MD
VisiMuslim - Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Prof. Mahfud MD mendapat kritikan pasca mengomentari hasil sementara Pilpres 2019. Sebab, ia mengidentifikasi bahwa kemenangan Paslon 02 adalah di daerah yang dahulu penduduknya dianggap ‘Islam garis keras’.

“Kalau lihat sebarannya di beberapa provinsi-provinsi yang agak panas, Pak Jokowi kalah. Dan itu diidentifikasi tempat kemenangan Pak Prabowo itu adalah diidentifikasi yang dulunya dianggap provinsi garis keras dalam hal agama misal Jawa Barat, Sumatera Barat, Aceh dan sebagainya, Sulawesi Selatan juga,” katanya saat wawancara dengan salah satu stasiun TV swasta.

Ia lantas memaparkan bahwa bahwa dahulu di Jawa Barat ada DI/TII Katosuwiryo, PRRI di Sumbar, GAM di Aceh, DI/TII Kahar Muzakkar di Sulawesi Selatan. Ia mengklaim bahwa ucapan tersebut hanya memberikan fakta yang telah terjadi.

Ucapan Mahfud pun mendapat reaksi dari banyak pihak. Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon meminta Prof. Mahfud belajar sejarah kembali.

“Sebaiknya belajar sejarah lagi. Saya baru tau isi kepala begitu cetek. Kita bisa debat soal ini panjang lebar. Tapi yang pasti, anda sedang menoreh luka baru di atas luka lama. PRRI adalah koreksi atas pemerintah pusat yg abai pada daerah dan ketika itu sangat dipengaruhi komunis,” ujar Fadli melalui akun twitter pribadinya, Senin (29/04/2019).

Sementara itu, Anggota BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak menekankan bahwa daerah-daerah yang dulu sempat bergolak, melalui pemberontakan sejatinya bukan karena masalah ideologi. Menurutnya, masalah utamanya adalah ketidakadilan.

Bahkan, Karni Ilyas pun turut mengomentari cuitan Mahfud. Ia memaparkan bahwa PRRI/Permesta bukan pemberontakan dengan ideologi agama. Pemimpin perlawanan adalah Kol Simbolon (Medan), Letkol A.Husein (Padang), Letkol Ismail Lengah (Riau), Kol Kawilarang dan Lekol V. Samual (Sul-Ut). Karni menegaskan bahwa PRRI tidak ada hubungannya dengan daerah Islam garis keras.[vm]

Sumber : Kiblat

Belum ada Komentar untuk "Sebut Kemenangan Prabowo di Daerah Islam Garis Keras, Mahfud MD Tuai Kritikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...