Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deplu AS Setujui Penjualan 24 Heli Tempur ke Qatar


VisiMuslim - Amerika Serikat (AS) menyetujui penjualan 24 helikopter tempur tipe AH-64E Apache senilai 3 miliar dolar AS ke Qatar, Badan Kerjasama Keamanan (DSCA) dalam pernyataan tertulis mengatakan itu.

“Departemen Luar Negeri (Deplu) AS telah memutuskan untuk menyetujui penjualan 24 helikopter serang tipe AH-64E Apache dan elemen-elemennya dengan perkiraan senilai 3 miliar USD ke Qatar dalam lingkup penjualan militer asing,” kata badan itu dikutip Al Jazeera.

Penjualan ini akan berkontribusi pada kemampuan dukungan udara untuk negara itu, selain 24 helikopter Apache yang sebelumnya dijual ke Qatar.

DSCA mengatakan, “Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat dengan membantu meningkatkan keamanan negara sahabat yang terus menjadi kekuatan penting bagi kemajuan politik dan ekonomi di Timur Tengah.”

Disebutkan pula bahwa penjualan tersebut tak akan mempengaruhi keseimbangan militer di wilayah tersebut.

Sementara kongres tak boleh mengajukan keberatan dalam waktu 30 hari untuk dimulainya negosiasi penjualan. Di penghujung 30 hari, AS akan mengajukan surat penawaran ke Qatar dan negosiasi penjualan segera dimulai.

DSCA mengatakan, kontraktor pertahanan sepeti Boeing, General Electric Co, Lockheed Martin Corp, dan Raytheon Co akan berpartisipasi dalam proyek jika kesepakatan akhirnya tercapai.

Sebelumnya, pada Maret lalu, Qatar telah menerima sejumlah helikopter pertama dari helikopter serang AH-64E Apache. [vm]

Sumber : Hidayatullah

Posting Komentar untuk "Deplu AS Setujui Penjualan 24 Heli Tempur ke Qatar"

close