Forum Doktor Muslim : Tidak Hanya Waspada, tapi Harus Tolak OBOR China

Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa kritisi proyek OBOR, Surabaya (18/05/2019)
VisiMuslim - "Ada lima tujuan yang ingin diraih China melalui proyek OBOR/BRI, yaitu koordinasi kebijakan, konektivitas fasilitas, perdagangan tanpa hambatan, integrasi keuangan, dan ikatan masyarakat (people to people bond). Sehingga proyek ini berpeluang untuk menjebak negara manapun dalam jebakan hutang China. Oleh karena itu, sangat berbahaya bagi Indonesia jika terlibat dalam proyek OBOR/BRI ini" demikian penjelasan Fachrudin Syah, Ph.D dalam Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (18/05) pada tengah hari sampai saat berbuka puasa, di sebuah hotel kawasan Surabaya Selatan. Forum  ini dihadiri 40 orang dari para doktor, kandidat doktor dan para master dari berbagai kota di Indonesia, dari berbagai bidang kepakaran dan kompetensi mereka.

Forum ini diselenggarakan sebagai bentuk keprihatinan tehadap potensi dampak negatif dari implementasi OBOR di Indonesia. Narasumber lain antara lain Dr. Fahmy Lukman M.Hum., Prof. Daniel M. Rosyid, Ph.D., Lukman Noerochim, Ph.D., DR. Hafid Widodo, Masing-masing narasumber mempresentasikan makalah dari bebagai pespektif terhadap ancaman OBOR/BRI terhadap pertahanan keamanan khususnya kedaulatan maritim, ideologi dan politik, kedaulatan energi dan pangan, pendidikan dan sosial budaya serta sosial budaya dan maritim. 

Di akhir forum, Para Doktor tersebut membacakan 5 rumusan sebagai rekomendasi forum kepada rakyat/bangsa Indonesia, kepada para intelektual, kepada politisi dan anggota dewan supaya mewaspadai Proyek OBOR dan menolaknya. Khusus kepada Pemerintah, supaya membatalkan proyek OBOR/BRI dengan China, karena berpotensi menimbulkan ancaman yang serius bagi bangsa Indonesia.[vm] rif

Belum ada Komentar untuk "Forum Doktor Muslim : Tidak Hanya Waspada, tapi Harus Tolak OBOR China"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...