Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Innalillahi wa Innailaihi Rojiun, Sutopo Purwo Nugroho Humas BNPB Meninggal di China

Foto terakhir Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho sebelum meninggal (ist)
VisiMuslim - Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), meninggal dunia pada hari Ahad (07/07/2019).

Sutopo menghembuskan nafas terakhir saat sedang menjalani pengobatan penyakit kanker yang dideritanya di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China.

“Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Telah Berpulang ke Rahmatullah Bapak Sutopo Purwo Nugroho @sutopopurwo , pada hari Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB,” keterangan dari BNPB lewat akun Instagram resmi @bnpb_indonesia dan laman resmi BNPB, Ahad pantauan hidayatullah.com pagi ini.

Kabar meninggalnya itu diterima dari pihak keluarga secara langsung dari istri Sutopo maupun melalui akun twitter putranya.

“Pak Sutopo meninggal dunia saat sedang menjalani pengobatan penyakit kanker yang dideritanya di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, sejak 15 Juni 2019 yang lalu. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh,” jelas BNPB.

Sejak divonis kanker pada Desember akhir 2017, Sutopo masih terus gigih dalam melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama 2018 hingga pertengahan 2019.

“Bahkan beliau masih sempat melakukan konferensi pers secara bersinambungan pada saat terjadi bencana gempabumi Lombok dan gempabumi Palu di tengah rasa sakit yang menderanya,” ungkapnya.

“Kami, kita, semua merasa kehilangan Pak Sutopo. Sosok yang terdepan dan gigih dalam menyampaikan informasi bencana di Indonesia,” tambah BNPB.

“Mohon doanya dari #SahabatTangguhsemoga amal ibadah almarhum selama hidupnya diterima di sisi Allah Swt dan bagi keluarga yang ditinggalkan agar tabah dan sabar dalam menghadapi musibah ini,” pungkasnya.

Sutopo semasa hidup telah menginformasikan perihal penyakit yang dideritanya.

“Penyintas kanker paru-paru stadium 4B. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Berjuang untuk sembuh dari kanker, tetap sabar, ikhtiar, semangat dan berdoa,” tulisnya pada bio Twitternya, @Sutopo_PN.

Kicauan terakhirnya tertanggal 15 Juni 2019 menampilkan peta sebaran titik api di Indonesia.[vm]

Sumber : hidayatullah

Posting Komentar untuk "Innalillahi wa Innailaihi Rojiun, Sutopo Purwo Nugroho Humas BNPB Meninggal di China"

close