Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sniper Israel Dilatih Menembak Pergelangan Kaki Orang Palestina, Apa Tujuannya?

IDF Israel
VisiMuslim - Lebih dari setahun setelah protes di perbatasan Gaza dimulai, militer Israel telah memutuskan untuk melatih penembak jitu untuk “menembak di pergelangan kaki” orang-orang Palestina. Laporan The Jerusalem Post, seorang pejabat Israel mengatakan, “Dipahami bahwa [menembaki bagian bawah tubuh di atas lutut] menyebabkan kematian banyak pengunjuk rasa.”

Israel telah menanggapi unjuk rasa baru-baru ini, yang diadakan setiap hari Jumat, dengan kekuatan mematikan. Lebih dari 235 warga Palestina tewas dan ribuan lainnya terluka. Israel dikecam oleh sebuah badan hak asasi manusia PBB karena membunuh demonstran di Gaza dan terhadap orang Palestina, dan menyatakan tindakan itu sebagai “kejahatan perang” di bawah Statuta Roma.

Korban jiwa yang tinggi memicu reaksi diplomatik terhadap Israel. Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah menyebut perintah tembakan terbuka sebagai tindakan melawan hukum, dengan mengatakan mereka secara efektif mengizinkan tentara menggunakan kekuatan yang mematikan terhadap pengunjuk rasa yang tidak bersenjata. Dalam menghadapi meningkatnya kritik terhadap kekerasan perbatasan Gaza, otoritas Israel sebelumnya mengatakan bahwa norma HAM tidak berlaku untuk protes Palestina yang sedang berlangsung di sepanjang Jalur Gaza.

“[Keputusan pasukan Israel] sama sekali tidak menunjukkan bahwa militer sangat menghargai kehidupan manusia,” kata kelompok HAM B’Tselem. “Sebaliknya, menunjukkan bahwa militer secara sadar memilih untuk tidak menganggap mereka yang berdiri di sisi lain pagar sebagai manusia. Naifnya, Pengadilan Tinggi menyetujui praktik ini. Baik militer maupun pengadilan memikul tanggung jawab untuk kebijakan kriminal ini.”

Pasukan Israel yang dikerahkan di sepanjang perbatasan Jalur Gaza yang bergejolak. Mereka telah menembakkan peluru tajam ke arah demonstran Palestina sejak demonstrasi menentang blokade lama Israel terhadap Gaza dimulai pada bulan Maret. Selama protes, penembak jitu Israel telah menargetkan salah satu bagian tubuh, yaitu kaki.

Strategi pasukan Israel telah meninggalkan tanda yang terlihat di Gaza. Sudag menjadi pemandangan umum para pria muda berjalan melalui jalan-jalan bobrok dengan kruk. Sebagian besar kaki dibalut atau dipasangi bingkai logam yang disebut fixator, yang menggunakan pin atau sekrup yang dimasukkan ke dalam tulang yang patah untuk membantu menstabilkannya.

Dari 10.511 pengunjuk rasa yang dirawat di rumah sakit dan klinik lapangan di Gaza, setidaknya 6.392, atau sekitar 60%, telah ditarget di anggota tubuh bagian bawah, menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Gaza pada bulan Desember. Setidaknya 5.884 dari korban itu terkena amunisi hidup; yang lain diserang oleh peluru logam berlapis karet dan tabung gas air mata.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia internasional mengatakan aturan tembak terbuka itu melanggar hukum karena memungkinkan penggunaan kekuatan yang berpotensi mematikan dalam situasi di mana nyawa prajurit tidak dalam bahaya langsung. Doctors Without Borders, yang dikenal dengan akronim Prancis MSF, mengatakan sebagian besar dari 3.000 pasien yang telah dirawat ditembak di kaki, dengan sekitar seperempat menderita infeksi. Jika tidak diobati, mereka dapat menderita cacat seumur hidup atau amputasi anggota tubuh. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan telah melakukan 94 amputasi sejak protes dimulai, 82 di antaranya melibatkan anggota badan bagian bawah.[vm]

Sumber: Daily Sabah

Posting Komentar untuk "Sniper Israel Dilatih Menembak Pergelangan Kaki Orang Palestina, Apa Tujuannya?"

close