2,5 Juta Muslim Bersiap Tunaikan Manasik Haji


VisiMuslim - Pihak berwenang Arab Saudi mengungkapkan sebanyak 2,5 juta muslim akan memulai rangkaian ibadah haji pada Jumat besok (09/08/2019). Pada Rabu siang kemarin, terdata sebanyak 1,8 jemaah telah tiba Kota Suci. Sisanya sedang dalam perjalanan.

Kementerian Haji dan Umrah Saudi, Rabu (07/08/2019), menerbitkan statistik kedatangan para jemaah haji dari bergai negara. Statistik itu menunjukkan mayoritas jemaah tiba melalui jalur udara dengan jumlah 1.705.000 jemaah. Dari jalur darat sebanyak 94.326 jemaah dan jalur laut sebanyak 17.252 jemaah.

Para tamu Allah itu akan memulai rangkaian ibadah haji dengan berkumpul di Mina di Kota Makkah untuk melaksanakan hari Tarwiyah yang bertepatan dengan 8 Dzulhijjah. Mereka akan berkumpul setelah Shalat Jumat. Setelah dari Mina, para jemaah akan menpuh jarak 10 kilometer menuju Jabal Rahmah untuk melaksanakan Wukuf.

Setelah melaksanakan Wukuf di Arafah, para jemaah akan melanjutkan rangkaian selanjutnya yaitu di Muzdalifah. Di lokasi ini, para jemaah mengumpulkan kerikil untuk lempar Jumrah keesokan harinya. Di hari pertama Idul Adha, para jemaah akan menyembelih hewan kurban dan dilanjutkan prosesi melempar Jumrah di Mina.

Banyak para jemaah yang datang sebelum dimulainya rangkian ibadah haji, di mana mereka datang untuk mengunjungi Masjidil Haram dan Ka’bah untuk meraih keberkahan berbagai ibadah di lokasi suci tersebut.

Jemaah datang ke Makkah berkelompok-kelompok dengan para pembimbing masing-masing. Sementara petugas memberi arahan-arahan pergerakan rombongan.

Otoritas keamanan telah meningkatkan prosedur mereka untuk mengamankan musim haji. Kepala Komite Haji Pusat, Pangeran Khalid Al-Faisal, mengatakan kerajaan telah merekrut lebih dari 350.000 dari berbagai sektor untuk melayani para peziarah di musim haji.[vm]

Sumber: Al-Jazeera

Belum ada Komentar untuk "2,5 Juta Muslim Bersiap Tunaikan Manasik Haji"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...