Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pria Uighur Ditahan China setelah Publikasikan Surat-surat dari Para Tahanan

Abdurahman Memet
VisiMuslim - Seorang pria Uighur yang memviralkan surat dari tahanan di kamp-kamp pengasingan rahasia China di Xinjiang telah ditahan, menurut laporan para aktivis dan anggota keluarganya.

Abdurahaman Memet, 30, seorang pemandu wisata di Turpan, tahun lalu menerima surat dari orang tua dan saudara laki-lakinya, yang ditulis dari dalam pusat penahanan di wilayah barat jauh di mana sebanyak 1,5 juta Muslim diyakini telah ditahan di dalam kamp re-edukasi dan kamp lainnya.

Pada bulan Juli, surat-surat itu diterjemahkan dan diterbitkan dalam Database Korban Xinjiang, sebuah situs penyimpanan dan pengawas publik. Dokumen-dokumen langka, di antara yang pertama dari dalam kamp, menyebar dengan cepat secara online. Dalam waktu kurang dari seminggu, Memet menghilang.

Muherrem Muhammad’ali, keponakan Memet yang tinggal di luar negeri, mengatakan pamannya mengiriminya surat-surat sebagai “bukti” dari penahanan banyak orang di keluarga mereka. Dia memutuskan untuk menerbitkannya bulan lalu di basis data.

“Dia percaya surat-surat itu merupakan bukti. Di keluarga kami, kami memiliki 10 orang yang ditahan, jadi ini adalah bukti, ”kata Muhammad’ali, yang memegang surat-surat itu selama hampir setahun sebelum memberikannya kepada para aktivis untuk diposkan secara online.

“Saya ingin mempublikasikan pengalaman keluarga saya, untuk membangkitkan hati nurani orang untuk mengatakan tidak pada rezim ini dan menyelamatkan orang-orang Uighur, dan menyelamatkan budaya ini,” katanya.

“Bukan hanya saya yang telah mengalami nasib ini, tetapi jutaan orang telah melihat rumah tangga mereka hancur dan keluarga terpecah belah. Mereka terpaksa meninggalkan rumah mereka. ”

Dalam dua hari setelah dokumen online, Memet memberi tahu Muhammad’ali bahwa dia telah menerima telepon dari polisi yang meminta untuk mengetahui dengan siapa dia membagikan surat-surat itu. Pada akhir bulan, Muhammad’ali mengetahui melalui kontak bahwa pamannya telah ditahan di Turpan. Kepolisian di Turpan tidak menanggapi permintaan dari The Guardian untuk memberikan komentar.

Surat-surat itu, yang ditujukan kepada Memet dan juga saudara iparnya, tampaknya ditujukan untuk menghibur anggota keluarga serta mendukung kamp-kamp versi pemerintah, yang menurut Beijing adalah “pusat pelatihan kejuruan”. Ketiganya memuji kemurahan hati partai dan berjanji kesetiaan mereka.

Tetapi surat-surat itu masih berisi detail yang mengganggu dan menggaungkan kritik-diri dan pengakuan yang merupakan ciri kamp “pendidikan ulang” yang serupa dalam Revolusi Kebudayaan.

Ibu Memet, 60, menulis bahwa asrama berada dalam “kondisi baik”, dilengkapi dengan air panas, kamar mandi, dan AC, dan bahwa para tahanan diberikan makanan, tempat tinggal, pakaian, dan bahan belajar “gratis”.

Dia melanjutkan, “Saya mengecewakan partai dan pemerintah. Saya mengecewakan masyarakat … Saya berterima kasih kepada partai dan pemerintah karena memberi saya kesempatan untuk berubah! Saya akan selalu mengikuti Partai (Komunis), saya akan selalu mendengarkan Partai, saya akan berterima kasih kepada Partai ”.

Surat-surat itu menunjukkan kerabat Memet ditahan karena tindakan seperti pergi haji atau sholat yang tidak ilegal menurut hukum Tiongkok. Konstitusi Tiongkok menjamin warga negara “kebebasan berkeyakinan beragama” dan para pejabat sering menyangkal kritik terhadap kebijakan Beijing di Xinjiang dengan mengatakan semua warga “bebas terlibat dalam kegiatan keagamaan sesuai dengan hukum.”

Dalam surat yang lebih panjang, saudara laki-laki Memet menulis kepada istrinya bahwa dia telah menangis “air mata kebahagiaan” setelah mendengar dia tidak akan dihukum penjara karena “kejahatan belajar beribadah dari ayah saya” pada usia 15, pada tahun 1987.

Sebaliknya, ia akan menerima pelatihan dari “guru berpengetahuan” dan “polisi berani” yang tinggal bersama para tahanan “siang dan malam” dan “terus-menerus [memberikan] kelas-kelas dalam hukum dan bahasa nasional”. Mantan tahanan berbahasa Uighur dideskripsikan dipaksa belajar bahasa Mandarin dan berjanji setia kepada partai komunis Tiongkok.

Ayah Memet yang berusia 75 tahun menulis: “Karena kesadaran saya yang rendah terhadap hukum, saya melakukan ibadah ke Mekah. Setelah datang ke sekolah ini, pidato, film, dan instruksi yang diberikan oleh para guru telah memungkinkan saya untuk memahami kesalahan saya. “Dia menambahkan:” Saya bersyukur atas pengampunan yang ditunjukkan oleh pesta kepada saya. ”

Aktivis mengatakan penahanan Memet menegaskan upaya pemerintah untuk mengontrol informasi yang mengalir keluar dari Xinjiang, bahkan ketika pejabat mengatakan pengunjung dipersilakan dan bahwa semua kebijakan pemerintah sejalan dengan hukum Tiongkok dan internasional.

“Penangkapan Memet karena berbagi apa yang pada dasarnya ‘surat patriotik’ menunjukkan propaganda partai sangat lemah sehingga bahkan harus disaring dan dikirim hanya melalui corong yang disetujui,” kata Gene Bunin, yang mendirikan Database Korban Xinjiang, yang sekarang memiliki lebih dari 5.000 akun tahanan dan lainnya yang berada di bawah kendali pemerintah.

Surat Memet
“Penting untuk menentang dan menunjukkan kepada pihak berwenang bahwa mereka tidak bisa menakuti orang,” kata Bunin dikutip The Guardian.

Beijing telah menangkal kecaman internasional yang meningkat dengan aliran laporan media-negara yang merinci manfaat dari pusat pelatihan, tur media di kamp-kamp, dan kritik terhadap pemberitaan Barat terkait Xinjiang sebagai “melebih-lebihkan” topik itu.

Surat-surat itu di sisi lain bertentangan dengan narasi pemerintah. Ibu Memet ditahan pada Januari 2018 namun menulis dalam suratnya bahwa dia telah berada di “sekolah kejuruan” sejak Maret pada tahun itu, mengindikasikan dia berada di bawah bentuk penahanan lain selama berbulan-bulan.

Pada Juli, para pejabat di Xinjiang mengatakan sebagian besar dari mereka yang telah dikirim ke kamp telah “dikembalikan ke masyarakat” dan mendapatkan pekerjaan.

Menurut Muhammad’ali, dari 10 anggota keluarga, tujuh telah dibebaskan tetapi terus diawasi dan dikendalikan oleh pihak berwenang. Orang tua dan saudara laki-laki Memet dibebaskan awal tahun ini, tetapi mereka dilarang meninggalkan rumah atau desa mereka untuk waktu yang lama.

Sejak menghilangnya Memet, Muhammad’ali tidak tahu apakah anggota keluarganya telah ditahan lagi atau bagaimana keadaan mereka. “Saya tidak bisa menghubungi mereka,” katanya.[vm]

Posting Komentar untuk "Pria Uighur Ditahan China setelah Publikasikan Surat-surat dari Para Tahanan"

close