Sri Mulyani Akhirnya Mengakui, Indonesia Dibayangi Hantu Resesi

Sri Mulyani
VisiMuslim - Indonesia, seperti banyak negara lain di kawasan, sedang dibayang-bayangi resesi ekonomi. Situasi dapat memburuk bila Indonesia tidak waspada menghadapi pelemahan dan ketidaksbalian perekonomian global.

Hal ini antara lain disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, ketika  berbicara dalam Seminar Nasional bertema "Nota Keuangan RAPBN 2020: Mengawal Akuntabilitas Keuangan Negara" di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8).

"Tidak hanya Indonesia yang mengalami tantangan tersebut, tetapi seluruh negara, terutama negara berkembang," ujar Sri.

Menurut Menkeu, pemerintah menjadikan strategi menghadapi bayang-bayang resesi sebagai prioritas utama. 

"Apa yang kita perhatikan dalam perkembangan perekonomian dunia, proyeksi ekonomi dunia melemah. Bahkan beberapa sudah bisa disebut resesi. Ini pusat kewaspadaan kita," katanya.

Menurut Sri Mulyani, saat ini resesi bukan hanyan menjadi ancaman negara-negara berkembang. Negera yang berpengaruh dalam konteks ekonomi global juga menghadapi ancaman yang sama.

"Jerman, Singapura, negara Amerika Latin seperti Argentina juga dalam masa krisis. Meksiko dan Brasil juga dalam situasi sulit. Eropa pun mengalami berbagai masalah seperti Brexit," jelasnya.

Untuk mengantisipasi ancaman tersebut, kata Sri, pemerintah tengah merancang pengoptimalan penggunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 untuk menjaga ekonomi nasional.

"Kami di Kemenkeu terus menjaga agar APBN sebagai instrumen fiskal terus dalam kondisi sehat dan kredibel," tukasnya. [rmol]

Belum ada Komentar untuk "Sri Mulyani Akhirnya Mengakui, Indonesia Dibayangi Hantu Resesi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...