Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Erdogan Jadwalkan Ketemu Trump Bahas Pembelian Rudal Patriot

Trump dan Erdogan
Trump dan Erdogan
VisiMuslim - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan akan membahas pembelian rudal Patriot AS dengan Presiden Donald Trump bulan ini. Pembicaraan ini dalam rangka mengatasi ketegangan setelah Ankara melakukan pembelian sistem pertahanan udara Rusia.

Pembelian Turki atas sistem rudal S-400 Rusia pada bulan Juli meningkatkan prospek sanksi AS. Departemen Luar Negeri mengatakan tawaran untuk menjual sistem pertahanan rudal Patriot Raytheon Co ke Ankara telah berakhir.

Namun, Erdogan mengatakan kepada Reuters bahwa dia telah mendiskusikan pembelian Patriot melalui telepon dengan Trump dua minggu lalu. Ia akan menindaklanjuti ketika mereka bertemu di Majelis Umum PBB, yang dibuka minggu depan.

“Saya mengatakan apa pun paket … S-400 yang kami dapatkan, kami dapat membeli dari Anda sejumlah Patriot,” kata Erdogan pada Jumat (13/09/2019).

“Tapi saya katakan kita harus melihat kondisi yang setidaknya cocok dengan S-400,” kata Erdogan. Dia mengisyaratkan kemungkinan produksi bersama dan persyaratan pinjaman yang menguntungkan.

“Dia (Trump) berkata: ‘Apakah kamu serius?’ Saya berkata: ‘Ya’,” kata Erdogan. Dia mengaku telah memberi tahu Trump bahwa hal itu akan dibahas secara lebih rinci ketika bertemu.

Ditanya apakah ia juga akan meminta Trump untuk mencegah Departemen Keuangan AS menjatuhkan denda besar pada Halkbank milik negara terutama Turki karena melanggar sanksi AS terhadap Iran, Erdogan mengatakan ia yakin dapat menghindari upaya tersebut.

“Menurut saya, negara seperti AS tidak akan mau melukai sekutunya, Turki. Ini bukan perilaku rasional,” katanya dalam sebuah wawancara di kompleks istana Ottoman Dolmabahce di Bosphorus di Istanbul. [www.visimusllim.org]

Sumber: Middle East Monitor

Posting Komentar untuk "Erdogan Jadwalkan Ketemu Trump Bahas Pembelian Rudal Patriot"

close