Sekjen MUI Heran UGM Tolak Kuliah Umum Ustadz Abdul Somad

Foto: Ketua PP Muhammadiyah Dr. Anwar Abbas.
VisiMuslim - Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas heran kenapa Ustadz Abdul Somad (UAS) dilarang memberikan kuliah umum di masjid kampus UGM. Ia mempertanyakan alasan pihak kampus atas perbuatan tersebut.

“Saya betul-betul tidak mengerti kalau kehadiran UAS untuk menyampaikan kuliah umum di mesjid UGM dibatalkan. Ada apa dengan UAS. Sebagai sesama akademisi apa yang harus mereka takutkan dengan UAS,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Rabu (09/09/2019).

Ia menegaskan bahwa pandangan-pandangan UAS tidak ada yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Kalau adanya masalah perbedaan pilihan dalam pilpres yang lalu, kata dia, seharusnya juga tidak mesti menjadi masalah.

“Negara ini kan negara demokrasi jadi sah-sah saja orang punya pilihan yang berbeda dengan kita dan kita harus menghormati hal tersebut,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Anwar, semestinya dunia kampus harus membuka diri dan jangan tertutup seperti itu. Kecuali kalau yang bersangkutan memang punya pandangan yang akan merusak Pancasila UUD 1945 dan NKRI.

“Ustadz Somad kan tidak seperti itu. Dan sikap serta pandangan-pandangan yang seperti ini dalam perspektif pengembangan akademik dan sikap ilmiah warga kampus jelas sangat tidak baik dan tidak menguntungkan,” pungkasnya.

Sebelumnya Pihak Universitas Gajah Mada (UGM) menolak Ustadz Abdul Somad mengisi kuliah umum di Masjid Kampus UGM. Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani.

“Berkaitan dengan acara yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2019, maka pimpinan universitas meminta agar rencana tersebut dibatalkan,” ujar Iva seperti dilansir Republika pada Rabu (09/09/2019). [kb]

Belum ada Komentar untuk "Sekjen MUI Heran UGM Tolak Kuliah Umum Ustadz Abdul Somad"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...