Sujiwo Tejo: Pancasila itu Gak Ada

Budayawan, Sujiwo Tejo
VisiMuslim - Budayawan Sujiwo Tejo mengkritisi tudingan radikal yang selalu dikaitkan dengan Pancasila. Menurutnya, Pancasila sekarang ini tidak ada.

“Pancasila itu gak ada. Yang ada itu gambar garuda Pancasila. Teks Pancasila itu ada, tapi Pancasila itu gak ada. Siapa yang mau anti terhadap sesuatu yang tidak ada?” kata Sujiwo dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) TVOne, Selasa (5/11).

Ia membantah pernyataan Irfan Idris dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang mengatakan, boleh pakai cadar, boleh pakai celana cingkrang, yang penting tidak anti Pancasila.

Dalam pandangannya, ketiadaan Pancasila itu bisa dibuktikan. “Kalau Pancasila itu ada, air kita gak beli. Lapangan kerja gampang, perusahaan-perusahaan saldonya nol, karena gak ngejar harta karena harta titipan tuhan. Kalau (Pancasila) ada, masak iuran kesehatan (BPJS) menjadikan masyarakat sampai kejet-kejet, gak boleh perpanjang SIM, paspor. Di mana Pancasilanya?” tegasnya.

Ia meminta agar narasi radikal tidak dikaitkan dengan anti Pancasila. “Lho Pancasila-ne endi? Jadi jangan definisi radikal itu (dikaitkan) terhadap sesuatu yang tidak ada. Anti sesuatu yang ada gitu lho Pak (Irfan). Mungkin anti Pak Jokowi, anti Pak Maruf Amin, atau siapalah,” ucapnya dengan semangat.

Sujiwo mengatakan, orang yang sering bilang “Pancasilais” itu sama lucunya dengan orang yang ngomong “demi bangsa dan negara”. “Saya gak percaya blas. Gak ada kata yang paling lucu kecuali demi bangsa dan negara. Padahal demi perutnya sendiri kok,” tutur Sujiwo.

Ia pun menolak istilah manipulator agama ditujukan kepada penganut agama. Sujiwo justru menuding para politikuslah sejatinya sebagai manipulator agama. “Manipulator agama itu tidak tepat. Yang manipulator agama itu politisi. Yang waktu kampanye pakai (gelar) haji, pakai songkok di billboard-billboard. Itu kan memanipulasi agama,” tegas mantan jurnalis ini. [www.visimuslim.org]

Sumber : Media Umat

Belum ada Komentar untuk "Sujiwo Tejo: Pancasila itu Gak Ada"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...