Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ribuan Muslim Ethiopia Berdemonstrasi Terkait Pembakaran Empat Masjid di Amhara


Addis Ababa, Visi Muslim- Ribuan massa dari beberapa kelompok muslim di Ethiopia menggelar aksi demontrasi atas kasus pembakaran empat masjid di wilayah Amhara.

Pada Jumat, (20/12/2019) lalu, terjadi penyerangan di kota Mota sekitar 350 km utara dari ibukota Addis Ababa. Para pelaku penyerangan membakar empat masjid dan juga tempat jualan milik kaum muslim. Hal ini memicu kemarahan umat Islam Ethiopia, mereka menggelar aski turun ke jalan menuntut agar pelaku diadili.

Perdana Menteri  Abi Ahmed mengatakan "Serangan itu sebagai upaya para ekstremis untuk menghancurkan sejarah toleransi agama di Ethiopia," kerusuhan tejadi terkadang karena faktor perbedaan agama.

Sarjana Muslim terkemuka, Kamil Shemsu mengatakan kepada kantor berita The Associated Press bahwa "ada aktor politik yang ingin mengadu domba antara umat muslim dan non muslim," katanya.

Kerusuhan sering terjadi di salah satu negara mayoritas muslim di Afrika tersebut, bahkan hanya karena hal sepele.

Pejabat daerah Amhara mengatakan, telah menangkap 15 pelaku penyerangan tersebut. Komandan Polisi Jemal Mekonnen mengatakan pada media pemerintah bahwa serangan itu dipicu oleh berita tentang kebakaran di sebuah gereja ortodoks beberapa hari sebelumnya.

Para pejabat juga mendapat kritikan terkait lambatnya penanganan kasus ini dan tidak mampunya mereka mencegah terjadinya serangan serupa. [www.visimuslim.org]

Posting Komentar untuk "Ribuan Muslim Ethiopia Berdemonstrasi Terkait Pembakaran Empat Masjid di Amhara "

close