Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan Shalat Subuh Berjamaah Masjid Nurul Iman: Merajut Ukhuwah Mewujudkan Hidup Berkah


Malang- Visi Muslim- (7/1). "Kita harus peduli dengan yang di luar sana, itulah bukti sehatnya iman," demikian penegasan Ustadz Ruji'an Khoiri dalam Kajian Ahad Pagi Gerakan Shalat Subuh Berjamaah pada Ahad (5/1) di Masjid Nurul Iman Kota Malang. Adapun tema yang diangkat pada kajian tiap Ahad pekan pertama ini adalah "Merajut Ukhuwah Mewujudkan Hidup Berkah".

Dalam paparan berikutnya, Ust. Ruji’an yang juga founder akun dakwah kreatif @qonuun ini menyampaikan bahwa hidup berkah adalah bertambahnya kebaikan yang dilakukan, yang berlangsung terus menerus alias langgeng.

Ust. Ruji’an mengajak hadirin untuk menghindari sikap saling menyalahkan dan melakukan persekusi terhadap para Ulama atau Asatidz.

“Di media beberapa waktu yang lalu ada upaya pembubaran pengajian Ustadz Abdul Somad, Ustadz Felix Siauw, Utsadz Bachtiar Nasir, dan lain-lain. Sebetulnya itu tidak perlu terjadi, karena teramat dilarang dalam Islam,” jelasnya.

Ust. Ruji'an mengutip ayat al-Qur’an tentang larangan berpecah-belah, yaitu ayat 103 surat Ali Imran yang artinya:

"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, ..." 

“Mari terus saling bersatu, saling menguatkan, seperti permisalan sebuah bangunan. Masing-masing bahan material bangunan itu saling menguatkan. Marilah kita gunakan ikatan terkuat, yaitu ikatan aqidah Islam,” ajaknya.

Di akhir taushiyahnya, Ust. Ruji’an memberi 5 tips untuk merajut ukhuwah:

[1] Ikatan seorang muslim bukan sukubangsa, warna kulit, ras, bukan pula ormas, tetapi Aqidah Islam, [2] Buang fanatisme golongan, [3] Tingkatkan wawasan ke-Islaman, [4] Mahabbah, yaitu tanamkan rasa cinta diantara kita, beriman, saling mencintai, saling memberi, [5] Saling memaafkan, terlebih  memaafkan saudara yang telah mendzaliminya, sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebagai kesimpulan, Ust. Rujian menyampaikan bahwa ketika ukhuwah sudah terjalin dengan baik, maka keberkahan hidup akan mudah diraih.

Kajian Gerakan Shalat Subuh Berjamaah ini berlangsung hikmat dengan diselingi video pendek dan slide powerpoint. Sekitar 100 jamaah yang hadir nampak antusias mengikuti kajian ini. Usai kajian, dilangsungkan sarapan pagi bersama. [ary/ard]



Posting Komentar untuk "Gerakan Shalat Subuh Berjamaah Masjid Nurul Iman: Merajut Ukhuwah Mewujudkan Hidup Berkah"