Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jutaan Orang Beri Penghormatan Terakhir Kepada Jenderal Qassem Soleimani


Teheran- Visi Muslim- Jutaan orang di berbagai kota di Iran turun ke jalan, Senin (6/1/2020) waktu setempat. Mengenakan pakaian hitam, mereka memberi penghormatan terakhir untuk Qassem Soleimani, komandan pasukan Quds Force yang tewas dirudal Amerika Serikat saat mengunjungi Irak, akhir pekan lalu.

Di ibu kota Teheran, Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei memimpin langsung prosesi salat jenazah. Rahbar (sebutan Iran untuk sang pemimpin tertinggi) tak dapat menahan tangis saat memimpin salat.

Doanya bergabung dengan ratapan jutaan pelayat yang membanjiri jalan-jalan Teheran yang menuntut pembalasan terhadap Amerika atas pembunuhan tragis yang langsung meningkatkan ketegangan di Timur Tengah.

Dalamseremoni duka di Teheran, tampak pemimpin gerakan Hamas dari Palestina, Ismail Haniyeh. Bahkan Haniyeh ikut memberikan "testimoni" tentang kontribusi Soleimani terhadap perjuangan gerakan-gerakan di Palestina.

Haniyeh dalam sambutannya, memuji sang pemimpin Pasukan Quds yang dipandangnya telah membangun hubungan baik dengan kelompok Palestina lainnya. Ia bahkan menjuluki Soleimani sebagai "martir Yerusalem".

"Apa yang telah Soleimani berikan kepada Palestina dan gerakan perlawanan telah membawa kami dalam posisi hari ini, terutama dalam hal kekuatan dan ketabahan. Kematian Jenderal Soleimani tidak akan menghalangi kelompok perlawanan untuk memerangi Israel."

Iran selama ini dikenal membangun hubungan baik dengan gerakan-gerakan di Palestina. Hanya saja, hubungan Iran dengan Hamas tidak sedekat dengan kelompok Jihad Islam. [visimuslim.org

Sumber: Tribun News

Posting Komentar untuk "Jutaan Orang Beri Penghormatan Terakhir Kepada Jenderal Qassem Soleimani "

close