Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanggapi Fatwa Si Kaya Menikahi Si Miskin, Sandi Uno: Jodoh Ada di Tangan Allah



JAKARTA -VisiMuslim- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengaku sudah menyampaikan usulan kepada Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi agar membuat fatwa atau gerakan moral mengajak orang kaya menikahi orang miskin. Hal ini mengingat urusan perkawinan ada di bawah Kementerian Agama (Kemenag).

Hal itu pun menjadi perbincangan di semua kalangan, salah satunya mantan Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno yang turut menanggapi hal itu. Sandi sapaan akrabnya mengapresiasi hal tersebut, namun tetap jodoh katanya ada di tangan Tuhan.


"Tapi ini menarik memang ada yang mengapresiasi ini kan terobosan tapi jodoh itu bukannya ditangan Allah, dan saya percaya bahwa jodoh itu enggak tertukar," ujar Sandi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020).


Menurut Sandi, memang saat ini pemerintah perlu memberantas kemiskinan. Namun, rasa empati itu bisa diberikan dalam bentuk apapun bisa dengan si kaya menyumbang kepada si miskin.

"Bisa mendirikan kegiatan filantropi untuk mengawinkan antara si kaya dan si miskin ini," katanya.



Jika fatwa itu benar direalisasikan, Sandi menyebut pemerintah terlalu jauh masuk ke ranah privasi seseorang. Seharusnya untuk hal pernikahan dikembalikan kembali kepada individu masing-masing.

"Ini pendapat pribadi saya karena saya bukan pejabat, bukan ada dalam pemerintahan, tapi itu harapan saya. Tapi saya sepakat bahwa Pak Muhadjir ini ingin memberantas kemiskinan dan salah satu inovasinya adalah dengan mengawinkan antara si kaya dan si miskin," jelasnya.

"Justru menurut saya ini hal yang sangat privat dan tentunya dipulangkan kembali ke masing-masing individu," sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan penjelasan terkait usulannya agar orang kaya menikah dengan orang miskin. Hal itu dikatakannya hanya bersifat anjuran.


“Fatwa kan artinya anjuran, saran, silakan saja. Saya minta ada semacam gerakan moral bagaimana memutus mata rantai kemiskinan. Itu antara lain bagaimana supaya yang kaya tidak harus memilih-milih ketika mencari jodoh atau menantu harus sesama kaya. Jadi gerakan moral saja, fatwa itu anjuran,” kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 20/3/2020).
(kri/Sindonews)

Posting Komentar untuk "Menanggapi Fatwa Si Kaya Menikahi Si Miskin, Sandi Uno: Jodoh Ada di Tangan Allah"