Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ahok Akan Dipilih Jokowi Menjadi Gubernur di Ibu Kota Baru?



Jakarta-Visi Muslim-  Siapa yang  akan menjadi pemimpin ibu kota baru masih menjadi tanda tanya. Namun kini isu ini kian bergerak liar.

Bahkan, nama mantan Gubernur DKI Jakarta yang kini menjadi Komisaris Utama Pertamina juga disebut-sebut. Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok katanya menjadi calon kuat yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).



Hal ini setidaknya coba dikonfirmasi wartawan ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. "Nanti akan diumumkan, Presiden sudah menunjuk, yang saya tahu begitu. Tapi biarlah nanti resmi diumumkan Presiden," ujar Luhut saat ditanya apakah Ahok yang menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Baru, di Istana Negara, Jumat (28/2/2020).

Sebelumnya, Luhut mengatakan Ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) tidak akan dipimpin seorang gubernur melainkan pejabat setingkat menteri. Penunjukan juga segera dilakukan.

Sejalan dengan itu, Luhut juga mengungkap sejumlah alternatif pembiayaan proyek di IKN. Dia mengatakan gedung pemerintahan semua dibiayai oleh APBN.



Hal ini sudah dibahas dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan dilaporkan ke Jokowi. Selanjutnya, bangunan dan fasilitas lainnya akan dibiayai di luar APBN.

Dia menyebut, sejumlah sarana seperti hiburan, edukasi, resor, kesehatan dan pusat keuangan akan diambil alih swasta. Setidaknya sudah 30 perusahaan dari asing maupun dalam negeri sempat mengemukakan ketertarikan.

"Banyak investor partner tertarik bangun ibu kota negara ini, saya baru dikirim list-nya sudah hampir 30 perusahaan besar yang ingin berpartisipasi. Semua kita minta dengan high kualitas. Kita tidak mau ada tidak green di sana," jelasnya.

"Banyak perusahaan investor luar negeri yang ingin masuk. Dari Amerika ingin masuk, Jepang masuk, Abu Dhabi UEA masuk, Singapura, banyak sekali."

Luhut menyebut pemerintahan bakal pindah ke ibu kota baru pada kuartal pertama 2024. Sejauh ini tahapan pemindahan ibu kota sudah sesuai harapan.

"Pemindahan ibu kota ini semua berjalan seperti yang kita harapkan. Tadi Bappenas sudah mengatur semua, kita harapkan nanti pada kuartal I-2024, pemerintahan ini udah pindah di ibu kota baru," kata Luhut lagi. [] CNBC

Posting Komentar untuk "Ahok Akan Dipilih Jokowi Menjadi Gubernur di Ibu Kota Baru?"