Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisa Jadi Jokowi Digusur Justru dari Lingkaran Kekuasaannya Sendiri


Jakarta, Visi Muslim- Direktur Eksekutif Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menyebut ada pihak yang ingin mengkudeta Presiden Jokowi dengan memanfaatkan isu Covid-19.

Aktivis Haris Rusly Moti juga mengungkap adanya kemungkinan kudeta terhadap pemerintahan Jokowi. Namun menurut Haris kudeta tidak mungkin dilakukan oleh oposisi, melainkan datang dari faksi di tubuh pemerintah itu sendiri.

Senada hal yang sama, Analis politik dan kebijakan publik Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang, Adib Miftahul juga menyebut bahwa kudeta justru akan datang dari dalam lingkar kekuasaan.

Menurutnya, komunikasi politik yang kerap besebrangan antar pemangku jabatan di pemerintah seperti kebijakan penanganan Covid-19 yang sering gagal paham diterjemahkan oleh para pembantu Presiden bisa dijadikan salah satu dugaan di lingkaran penguasa yang berusaha menggusur Jokowi.

“Makanya menurut saya sangat masuk akal kalau malah timbulnya dugaan ada pihak di lingkaran penguasa yang berusaha menggusur Jokowi. Walaupun kemungkinannya itu sangat kecil,” kata Adib Miftahul, Jumat (5/6/2020). Dikutip dari Pojoksatu.id

Adib Miftahul juga melihat gerakan kudeta terhadap Jokowi dari pihak oposisi sangat jauh dan tidak mungkin terjadi. Alasanya, sosok dari simbol oposisi yakni Prabowo Subianto telah bergabung ke dalam pemerintah bahkan seluruh narasi dan sikapnya sudah sangat sejalan dengan pemerintahan Jokowi.

Adib Miftahul menilai simbol oposisi itu saat ini bergeser ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Namun dia melihat, Anies tidak mungkin melakukan perebutan kekuasaan di luar aturan yang ada di dalam konstitusi atau kudeta.

“Memang kalau ada arah kepada kudeta itu walaupun saya bilang ini kecil kemungkinan terjadi dari lingkaran kekuasaan, masuk akal dari faksi pemerintah itu sendiri. Karena kalau kita lihat banyak pertentangan kominikasi politik itu sendiri,” pungkasnya. [] Editor: Ni-Bay

Posting Komentar untuk "Bisa Jadi Jokowi Digusur Justru dari Lingkaran Kekuasaannya Sendiri "

close