Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curhat Jokowi Soal Bencana: Satu Tahun Indonesia Diberi Pelajaran Luar Biasa



Jakarta, Visi Muslim- Kondisi Indonesia selama setahun belakangan mengundang Presiden Joko Widodo menyampaikan curhatannya, khususnya terkait kebencanaan.

Sebab menurutnya, bencana yang terjadi di Indonesia tidak hanya berasal dari alam tapi juga perihal medis.

"Dalam satu tahun ini kita telah diberi pengalaman, diberi pelajaran yang sangat luar biasa. Bukan hanya bencana alam, tetapi juga bencana non alam berupa pandemi Covid-19," ujar Jokowi saat membuka Rakor Penanggulangan Bencana Tahun 2021, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (3/3).

Dalam menghadapi masalah bencana yang luar biasa sekarang ini, Jokowi memandang cara penanganannya harus dilakukan berbarengan. Yaitu, penanganan kesehatan sekaligus ekonomi.

"Dalam menghadapi bencana kemanusiaan yang tidak pernah ada pembandingnya dalam sejarah, sisi kesehatan, sisi ekonomi, harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan," tuturnya.

Selain itu, lingkup penanganan yang luas juga harus dilakukan dalam menangani masalah pandemi Covid-19 ini. Sebab menurut Jokowi, skala permasalahan ini dirasakan seluruh negara di dunia.

"Bukan hanya skala daerah, bukan hanya skala nasional, tetapi juga skala global," ucap dia.

Lebih lanjut, manatan Gubernur DKI Jakarta ini mengapresiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah mendedikasikan diri menangani dan menyelesaikan krisis sekarang ini.

"Dan pengalaman ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk memperkokoh ketangguhan kita dalam menghadapi segala bentuk bencana," demikian Joko Widodo menambahkan. [] rmol.id

Posting Komentar untuk "Curhat Jokowi Soal Bencana: Satu Tahun Indonesia Diberi Pelajaran Luar Biasa"